Selamat Datang di Katalog Digital UI

Universitas Indonesia membuka berbagai program studi mencakup program diploma, program sarjana, program pasca sarjana, program doktoral, program vokasi, program profesi dan program spesialis.

 

BrowseIlmu Lingkungan

Fakultas PASCASARJANA
Website http://psil.pps.ui.ac.id
Lokasi Program Studi Ilmu Lingkungan
Gedung C (FKG UI), Lantai V-VI
Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta Pusat 10430
Telp (+6221) 31930251, 3145563
Fax (+6221) 3146662
Contact Person : Sdr. Erny Dasmawati, M. Si/Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M. Si
Email psil@ui.ac.id
Program Pendidikan S3 (Doctoral Program)
Program Studi Ilmu Lingkungan (Environmental Studies)
Profil Lulusan / Kualifikasi Doktor Ilmu Lingkungan yang mampu menguasai dan mengembangkan pengetahuan dan teknologi di bidang lingkungan melalui riset yang kreatif, original dan teruji guna memecahkan masalah, melalui pendekatan inter, multi dan transdisipliner, sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.
Visi Sebagai pusat pendidikan dan kajian ilmu lingkungan dalam rangka kebijakan UI sebagai universitas riset kelas dunia (world class research university).
Misi 1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang ilmu pengetahuan lingkungan;
2. Membangun suasana keilmuan dan masyarakat intelektual dalam bidang ilmu lingkungan;
3. Mengembangkan peranan, pelayanan, dan penampilan profesional sumberdaya manusia yang berstandar internasional yang mampu mengantarkan Indonesia ke era global;
4. Memberikan darma bakti kepada masyarakat berupa pengembangan IPTEK, Model, dan pemecahan berbagai masalah.
Peminatan Tidak ada peminatan
Kode Organisasi 11.00.14.01
Profil Program Studi Awal pendirian tahun 1982 namanya adalah Pascasarjana Ilmu Lingkungan –Ekologi Manusia (ILEM), dan mulai tahun 1989. Pendidikan Doktor Terstruktur di PSIL dalam bentuk kuliah dan riset yang memiliki beban 50 SKS dengan masa studi 6 semester, terdiri atas: Kegiatan akademik yang terjadwal, dalam bentuk kelompok matakuliah Kompetensi Utama (11 SKS) dan Kompetensi Pendukung (11 SKS) serta Disertasi (28 SKS).
Ilmu lingkungan lebih dari sekedar ilmu pengetahuan, karena meliputi etika dan sistem nilai sosiologi dan politik, hukum dan bisnis, motivasi dan tanggung jawab. Ilmu lingkungan adalah ilmu pengetahuan tentang hidup dan bagaimana kelestarian planet bumi ini, atau dengan kata lain : Ilmu Lingkungan adalah ilmu mengenai cara bumi ini berfungsi.
Dengan pengetahuan lingkungan, manusia akan mempunyai pola fikir positif, mempertahankan pertumbuhan dengan cara melindungi dan mendorong/mempercepat lingkungan alam agar tetap dapat mendukung kehidupan manusia. Ilmu lingkungan adalah ilmu yang memberi gambaran dan jawaban pada hubungan sebab akibat yang berlangsung pada lingkungan. Dasar pengetahuannya adalah ekologi yang menerapkan dasar-dasar hukum alam tentang konsep konservasi materi dan energi.
Berdasarkan pengamatan manusia atas lingkungannya, timbul pertanyaan yang memicu pengamatan lebih lanjut untuk mendapatkan jawaban yang memuaskan;sampai pada terbentuknya hipotesis. Berdasarkan dari hipotesis ini disusun dan dilaksanakan langkah penelitian dan eksperimentasi untuk membuktikan jawaban atas pertanyaan yang sebelumnya telah dibuat (dengan cara mengamati dan menerapkan hukum-hukum alam tentang konsep konservasi materi danenergi) pada mahluk, kehidupan, dan semua unsur pendukung planet bumi sampai terbentuk teori dan atau teorema baru yang menjawab persoalan lingkungan yang ada.
Dalam paradigmanya yang baru, Ilmu Lingkungan dikembangkan dari program pendidikan tingkat magister menjadi program doktor; dan Ilmu Lingkungan menjadi ilmu pengetahuan yang memberikan jawaban atas perlunya :
1. Perluasan kajian proses mekanisme terjadinya perubahan lingkungan,
2. perluasan metode penelitian lingkungan dalam perspektif pendekatan kualitatf dan kuantitatif serta bentuk penelitian partisipatif,
3. Menempatkan pengetahuan tentang eksistensi dan jati diri manusia dalam sistem sosial dengan pengetahuan lingkungan alamnya.
Konsekuensi dari jawaban tersebut di atas adalah perlu dan dikembangkannya indikator, formulasi dan atau teori baru dalam pengetahuan lingkungan dengan memberikan penekanan pada :
1. Kemampuan mendiagnosis masalah lingkungan melalui kajian proses dan mekanisme perubahan lingkungan; baik pada masalah sosial, masalah lingkungan hayati, dan masalah lingkungan fisik.
2. Inovasi metode atau cara menyelesaikan masalah lingkungan, yang mempunyai basis kondisi Indonesia.
3. Membentuk teori tentang pranata sosial masyarakat dalam posisi/ kedudukan dilingkungannya.
Oleh karenanya sebagai suatu program pendidikan yang menjalankan program pendidikan Doktor, sebagai lanjutan dari program Magister, maka sifat keilmuan yang diberikan masih dalam perspektif multi dan interdisiplin yang melibatkan basis pengetahuan alam, biologi, teknik, ekonomi, pertanian, hukum, kesehatan, sosial dan pengetahuan lain yang memberikan kontribusi pada penyelesaian masalah lingkungan.
Pembukaan program doktor ilmu lingkungan ini telah mendapat rekomendasi dari Ketua Badan Pekerja Senat/ Sekertaris senat UI (Juli 1999)
Gelar Akademik Doktor (Dr.)
Akreditasi A
No. SK BANPT 010/BAN-PT/Ak-IX/S-3/X/2010
Jenis Kelas Reguler (Senin s.d. Jumat)
Masa studi 6 Semester
Jumlah sks 50 sks
Pendidikan sebelumnya Magister semua disiplin ilmu
Deskripsi ***
Tujuan Melaksanakan Tri Darma Perguruana Tinggi dalam bidang Pendidikan dan Penelitian serta Pengabdian Masyarakat dibidang lingkungan hidup.
Daftar mata ajaran
Staf Pengajar
Peraturan Sesuai dengan Peraturan Universitas Indonesia
Syarat pendaftaran Persyaratan administratif ditetapkan oleh Universitas Indonesia
Persyaratan program 1. IPK S-2 minimal 3,00 (tiga koma nol)
2. Rekomendasi (2 orang) sesuai dengan ketentuan
3. Nilai TOEFL (asli) 1 tahun terakhir minimal 500
4. Salinan ijazah dan transkrip nilai S-1 dan S-2 yang telah dilegalisasi
5. fotocopy tesis S-2 (lengkap)
6. Rancangan usulan penelitian (4 eksemplar)
7. Publikasi dalam jurnal ilmiah
8. Surat izin dari instansi/lembaga tempat bekerja
9. Surat keterangan jaminan pelunasan biaya studi dari instansi/ pernyataan kesanggupan biaya sendiri
10. Lolos ujian seleksi yang meliputi : tes potensi akademik, Bahasa Inggris, dan ujian khusus : Wawancara dan Presentasi Rancangan Usulan Penelitian
Pendaftaran http://penerimaan.ui.ac.id
Kompetensi ***
Lain - lain ***
Informasi lain Ketua Program Studi: Prof. dr. Haryoto Kusnoputranto, SKM., Dr.PH
Sekretaris Program Studi: Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si

Peer Group Program Magister Kajian Ilmu Lingkungan dan Program Doktor Ilmu Lingkungan :
1.Prof. Dr. Emil Salim
2.Prof. Dr. dr. Farid Anfasa Moeloek, Sp.OG
3.Prof. Dr. Subur Budhisantoso
4.Prof. Dr. Soerjanto Poespowardojo
5.Prof. Dr. Ir. Herman Haeruman Js
6.Prof. Dr. Ir. Mohamad Soerjani, MS
7.Prof. Budhy Tjahjati, MCP., PhD
8. Dr. Ir. Setyo S. Moersidik, DEA

Perkuliahan diselenggarakan di Kampus UI Salemba
Hari Selasa s.d. Jum'at
Pukul 09.00 s.d. 15.30 WIB
PDF Format