Selamat Datang di Katalog Digital UI

Universitas Indonesia membuka berbagai program studi mencakup program diploma, program sarjana, program pasca sarjana, program doktoral, program vokasi, program profesi dan program spesialis.

 

BrowseFakultas VokasiAdministrasi Perkantoran & Sekretari

Fakultas VOKASI
Website Website: http://vokasi.ui.ac.id
Lokasi Program Vokasi
Universitas Indonesia
Kampus UI Depok-16424
Telp : 021-29027481 (Hunting)
Fax : 021-29027480
Website: http://vokasi.ui.ac.id
Email vokasi@ui.ac.id
Program Pendidikan D3 (Diploma III)
Program Studi Administrasi Perkantoran & Sekretari (Office & Secretarial Program)
Profil Lulusan / Kualifikasi Ahli Madya Administrasi Perkantoran dan Sekretari yang mampu mengelola perkantoran dan menjunjung tinggi Etika Profesi.
Visi Mewujudkan Program Studi Administrasi Perkantoran dan Sekretari terbaik di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan industri dan mampu bersaing dengan program diploma lainnya di Asia Tenggara dalam menghasilkan tenaga ahli madya yang profesional.
Misi 1. Memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa & masyarakat melalui proses pembentukan karakter lulusan yang memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi.
2. Menawarkan mata kuliah yang inovatif dan mampu bersaing dengan program diploma lainnya di Asia Tenggara, dengan silabus terbaru yang memadukan teori dan praktek yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja.
3. Menyediakan staf pengajar yang kompeten sesuai dengan bidang yang diajarkan.
4. Mengembangkan kurikulum, silabi, dan bahan ajar sesuai kebutuhan dunia kerja dan standar internasional.
Peminatan
Kode Organisasi 09.00.15.01
Profil Program Studi Program Vokasi Program Studi Perkantoran dan Sekretari merupakan pindahan dari Program D3 Bidang Ilmu Administrasi yang sebelumnya bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Program Studi Administrasi Perkantoran dan Sekretari, adalah salah satu program studi yang ada di bawah koordinasi Program D3 Bidang Studi Administrasi, yang pada awal berdirinya merupakan Program D3 pertama yang ada di FISIP-UI. Pembentukan Program D3 Bidang Ilmu Administrasi mengacu pada SK Dekan FISIP-UI No. 992/PT.02.H4.FISIP/Q/1998 tertanggal 19 Oktober 1988. Pada awal dibukanya Program D3 Bidang Ilmu Administrasi FISIP-UI menawarkan 3(tiga) Program Studi yaitu : Program Studi Aktuaria dan Perbankan, Program Studi Perkantoran dan Sekretari dan Program Studi Perpajakan. Sekarang, program D3 yang ada di UI semuanya dilebur dalam satu wadah yang disebut Program Vokasi. Hal ini berawal dari terbitnya SK Rektor UI Nomor 696A/SK/R/UI/2008 tentang Penyelenggaraan Program Vokasi UI, sehingga penyelenggaraan Program D3 Bidang Studi Administrasi FISIP UI mulai tahun akademik 2008/2009 tidak lagi di bawah manajemen FISIP UI melainkan di bawah Program Vokasi UI yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor UI.

KOMPETENSI UMUM
Memiliki kemampuan teknis tinggi (skilled) yang dibutuhkan dalam penyelanggaraan tugas-tugas di bidang administrasi perkantoran dan kesekretarisan.

KOMPETENSI KHUSUS
1. Mampu menjalankan kegiatan teknis operasional di bidang administrasi perkantoran dalam membantu tugas-tugas pimpinan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen.
2. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan.
3. Mampu mengoperasikan berbagai fasilitas perkantoran (telepon, mesin facsimile, mesin ketik manual maupun elektrik, komputer dan peralatan presentasi, mesin hitung, dsb).
4. Mampu menyelenggarakan rapat/pertemuan bisnis baik internal maupun eksternal organisasi dengan tata cara penyelenggaraan yang berlaku.
5. Mampu mengoperasikan berbagai aplikasi komputer untuk perkantoran (Windows, MS Word XP, Excel XP, Internet, dan MS Power Point) yang digunakan untuk penyajian laporan dan presentasi.
6. Mampu menyusun berbagai jenis laporan perkantoran dan mempresentasikannya baik dalam bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris yang diperlukan bagi pucuk pimpinan.
7. Mampu membuat berbagai jenis surat bisnis baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
8. Mampu menyelenggarakan filing berdasarkan sistem filing yang berlaku (sistem abjad, subjek, nomor, geografis, kronologis).
9. Mampu menulis dan membaca stenografi untuk penulisan surat atau rapat/pertemuan sebagai sarana yang melengkapi alat bantu rekam.
10. Mampu menciptakan sistem perkantoran yang dibutuhkan untuk menunjang/mambantu kelancaran pelaksanaan tugas-tugas pokok organisasi.
11. Mampu melaksanakan tugas-tugas pelayanan informasi yang selalu berfokus pada pelayanan prima (service excellent) untuk kepuasan pelanggan.
12. Mampu melaksanakan tugas sebagai sekretaris eksekutif yang profesional, memiliki moral yang tinggi dan selalu menjaga etika profesi.
Gelar Akademik A.Md.APS.(Ahli Madya Administrasi Perkantoran dan Sekretari)
Akreditasi B
No. SK BANPT 190/SK/BAN-PT/Ak-XIII/Dpl-III/IX/2013
Jenis Kelas Reguler
Masa studi Ditempuh minimal 6 semester, atau selama-lamanya 10 semester
Jumlah sks 110 SKS (minimal)
Pendidikan sebelumnya SLTA Sederajat
Deskripsi *** Memiliki teknis tinggi (skilled) yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan tugas-tugas di bidang administrasi perkantoran dan kesekretarisan.
Tujuan Menghasilkan tenaga ahli madya profesional dalam administrasi perkantoran dan kesekretarisan yang menjunjung etika dan moral dalam menjalankan profesi sesuai dengan keahlan dan profesinya.
Daftar mata ajaran
APC1. Manajemen Kegiatan dan Keprotokolan (VOPS500129)
2. Administrasi Perkantoran (VOPS500120)
3. Agama Budha (VOWU500005)
4. Agama Hindu (VOWU500004)
5. Agama Islam (VOWU500001)
6. Agama Katolik (VOWU500002)
7. Agama Kong Hu Cu (VOWU500006)
8. Agama Kristen Protestan (VOWU500003)
9. Aplikasi Komputer Perkantoran (VOPS500124)
10. Aplikasi Komputer untuk Bisnis (VOPS500105)
11. Asas-Asas Manajemen (VOPS500109)
12. Bahasa Indonesia (VOWU500007)
13. Bahasa Inggris Untuk Bisnis (VOPS500103)
14. Bahasa Inggris untuk Sekretaris (VOPS500107)
15. Bahasa Jepang (VOPS500118)
16. Bahasa Mandarin (VOPS500117)
17. Etika Profesi (VOPS500132)
18. Hubungan Masyarakat (VOPS500123)
19. Inovasi, Kreativitas dan Kewirausahaan (VOWV500001)
20. Kesekretarisan (VOPS500122)
21. Kewarganegaraan (VOWU500009)
22. Komunikasi Bisnis (VOPS500119)
23. Korespondensi Inggris (VOPS500115)
24. Magang (VOWV500002)
25. Manajemen Proyek (VOPS500128)
26. Manajemen Sumber Daya Manusia (VOPS500130)
27. Organisasi dan Manajemen Bisnis (VOPS500121)
28. Organisasi dan Metode (VOPS500113)
29. Pancasila (VOWU500008)
30. Pelayanan Prima (VOPS500112)
31. Pengantar Akuntansi (VOPS500101)
32. Pengantar Ilmu Administrasi (VOPS500102)
33. Pengantar Perpajakan (VOPS500106)
34. Pengembangan Pribadi (VOPS500108)
35. Percakapan Bahasa Inggris (VOPS500111)
36. Praktik Korespondensi Indonesia (VOPS500114)
37. Praktik Percakapan Bahasa Inggris (VOPS500134)
38. Praktik Percakapan Bahasa Jepang (VOPS500126)
39. Praktik Percakapan Bahasa Mandarin (VOPS500125)
40. Praktik Simulasi Perkantoran (VOPS500131)
41. Praktikum Mengetik (VOPS500104)
42. Praktikum Teknologi Perkantoran (VOPS500127)
43. Sistem Informasi Manajemen (VOPS500133)
44. Sistem Kearsipan (VOPS500110)
45. Sistem Kearsipan Elektronik (VOPS500116)
Staf Pengajar APC
Peraturan
Sesuai dengan peraturan pada Himpunan Peraturan Akademik Universitas Indonesia dan peraturan yang berlaku di Program Vokasi UI.
Syarat pendaftaran Sesuai dengan persyaratan SIMAK UI (lihat web:penerimaan.ui.ac.id)
Persyaratan program Mahasiswa Program Studi Administrasi Perkantoran dan Sekretari dapat dinyatakan lulus apabila telah mengambil dan lulus minimal 112 SKS, yaitu mata kuliah:
Wajib Universitas = 4 SKS
Wajib Fakultas = 6 SKS
Wajib Program Studi = 100 SKS
dengan memperoleh nilai minimal C.
Pendaftaran Pendaftaran on-line melalui situs : www.penerimaaan.ui.ac.id.
Kompetensi ***
Lain - lain ***
Informasi lain
KOMPETENSI UMUM
Memiliki kemampuan teknis tinggi (skilled) yang dibutuhkan dalam penyelanggaraan tugas-tugas di bidang administrasi perkantoran dan kesekretarisan.

KOMPETENSI KHUSUS
1. Mampu menjalankan kegiatan teknis operasional di bidang administrasi perkantoran dalam membantu tugas-tugas pimpinan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen.
2. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan.
3. Mampu mengoperasikan berbagai fasilitas perkantoran (telepon, mesin facsimile, mesin ketik manual maupun elektrik, komputer dan peralatan presentasi, mesin hitung, dsb).
4. Mampu menyelenggarakan rapat/pertemuan bisnis baik internal maupun eksternal organisasi dengan tata cara penyelenggaraan yang berlaku.
5. Mampu mengoperasikan berbagai aplikasi komputer untuk perkantoran (Windows, MS Word XP, Excel XP, Internet, dan MS Power Point) yang digunakan untuk penyajian laporan dan presentasi.
6. Mampu menyusun berbagai jenis laporan perkantoran dan mempresentasikannya baik dalam bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris yang diperlukan bagi pucuk pimpinan.
7. Mampu membuat berbagai jenis surat bisnis baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
8. Mampu menyelenggarakan filing berdasarkan sistem filing yang berlaku (sistem abjad, subjek, nomor, geografis, kronologis).
9. Mampu menulis dan membaca stenografi untuk penulisan surat atau rapat/pertemuan sebagai sarana yang melengkapi alat bantu rekam.
10. Mampu menciptakan sistem perkantoran yang dibutuhkan untuk menunjang/mambantu kelancaran pelaksanaan tugas-tugas pokok organisasi.
11. Mampu melaksanakan tugas-tugas pelayanan informasi yang selalu berfokus pada pelayanan prima (service excellent) untuk kepuasan pelanggan.
PDF Format