Selamat Datang di Katalog Digital UI

Universitas Indonesia membuka berbagai program studi mencakup program diploma, program sarjana, program pasca sarjana, program doktoral, program vokasi, program profesi dan program spesialis.

 

BrowseFakultas EkonomiMagister Manajemen

Fakultas EKONOMI
Website http://mm.fe.ui.ac.id
Lokasi Gedung MM-FEUI
Kampus UI Salemba
Jl. Salemba No. 4, Jakarta
T. +6221
- 3103976
F. +6221
- 3103931
Website: http://www.mmui.edu
Email management@mmui.edu
Program Pendidikan S2 (Graduate Program)
Program Studi Magister Manajemen (Master of Management)
Profil Lulusan / Kualifikasi -
Visi Program Studi MM-FEUI bermaksud go international. Oleh karena itu, visi MM-FEUI adalah:
“to be acknowledged and respected as one of the best and most sought business school in ASEAN”
Visi ini ditargetkan terwujud pada tahun 2015. Di masa depan, Program Studi MM-FEUI bertekad untuk mengukuhkan jati dirinya di masyarakat sebagai lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para lulusan S1 untuk melanjutkan studinya pada jenjang/strata yang lebih tinggi. Dengan demikian, program ini mempersiapkan para profesional dalam menghadapi segala bentuk tantangan global.
Misi Misi MM merupakan cerminan dari tujuan dan upaya kami dalam mencapai visi tersebut, yaitu:
“to enhance student interpersonal and business management skills, in line with the business society needs, through adaptive curricula, interactive learning, association with business leaders, and extensive network”

Sebagai upaya meningkatkan suasana belajar yang kondusif dan aplikatif, Program Studi MM-FEUI telah melaksanakan beberapa langkah, yaitu menerapkan metode Participant Centered Learning (PCL), membangun budaya membaca, dan menyelenggarakan program mentoring.
Peminatan Setelah berusia hampir dua puluh tahun, saat ini Program Studi MM-FEUI menawarkan enam pilihan peminatan terbatas, yaitu:

1. Manajemen Umum,
2. Manajemen Pemasaran,
3. Manajemen Keuangan,
4. Manajemen Sumber Daya Manusia,
5. Manajemen Aktuaria,
6. Manajemen Operasi,

Selain itu, Program Studi MM-FEUI juga menawarkan empat peminatan khusus, yaitu:
1. MM Pasar Modal,
2. MM Manajemen Risiko,
3. MM-MBA,
4. Manajemen Keuangan Syariah.
Kode Organisasi 07.02.06.01
Profil Program Studi Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia berdiri berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, No. 565/D/Q/88 perihal "Pembukaan Program Pasca Sarjana Magister Manajemen", yang kemudian dibuka oleh Prof. Dr. Ali Wardhana pada tanggal 7 Oktober 1988.

MM-FEUI menyelenggarakan 2 (dua) jenis program MM, yaitu Program Reguler dan Program Khusus. Pada Program Reguler terdapat konsentrasi Manajemen Internasional, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Sedangkan pada Program Khusus terdapat konsentrasi MM Aktuaria, MM Manajemen Risiko, MM Pasar Modal, dan Program MM-MBA (bekerjasama dengan L'IAE de Grenoble, Universite Pierre Mendes France).

Selaras dengan visi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Program Studi MM-FEUI mencanangkan visi untuk menjadi salah satu sekolah bisnis terkemuka, tidak hanya di Indoensia, melainkan juga di wilayah ASEAN. Adapun visi MM-FEUI adalah "to be acknowledged and respected as one of the best and most sought business school in ASEAN". Sebagai salah satu program studi MM paling tua di Indonesia, MM-FEUI senantiasa berupaya mengembangkan dan beradaptasi dengan kebutuhan dunia kerja sebagai pengguna alumni. Hal ini tercermin pada misi MM-FEUI, "Our mission is to enhace student interpersonal and business management skills, in line with the business society needs, through interactive curricula, association with business leaders, and extensive network".
Gelar Akademik -
Akreditasi Akreditasi tertinggi A, dengan skor 4,8 dari 5,0
No. SK BANPT SK Ketua BAN-PT No.027/BAN/PT/Ak-V/S2/I/2008 tanggal 18 Januari 2008.
Jenis Kelas -
Masa studi -
Jumlah sks -
Pendidikan sebelumnya -
Deskripsi *** Sebagai upaya meningkatkan suasana belajar yang kondusif dan aplikatif, Program Studi MM-FEUI menerapkan metode Participant Centered Learning (PCL), membangun budaya membaca, dan menyelenggarakan program mentoring. Dengan metode PCL, mahasiswa menjadi pusat dari pembelajaran, sedangkan tugas utama dosen adalah sebagai fasilitator diskusi dalam kelas, menyimpulkan hasil diskusi dan mengaitkannya dengan teori-teori yang relevan. Metode PCL ini juga turut membangun budaya membaca mahasiswa. Mahasiswa termotivasi untuk selalu membaca dan menyimak berbagai hal agar dapat menuangkannya pada saat diskusi di dalam kelas. Selain itu MM-FEUI juga menerapkan program mentoring kepada mahasiswa kelas pagi yang notabene belum bekerja, dengan tujuan untuk melatih mahasiswa "bergaul" dengan para tokoh masyarakat yang sukses dalam berbagai bidang. Para mentor berasal dari kalangan dunia bisnis, pemerintahan, serta tokoh masyarakat yang berpengalaman.
Tujuan Program Reguler MM-FEUI bertujuan untuk menyiapkan manajer profesional yang memiliki pengetahuan dasar di semua bidang fungsional manajemen dengan spesialisasi yang terbatas. Sedangkan Program Khusus MM-FEUI bertujuan untuk menghasilkan manajer dengan fokus spesialisasi tertentu.
Daftar mata ajaran
APC1. Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (ECMM801057)
2. Akuntansi untuk Manajer (ECAM801207)
3. Analisa Bisnis dengan Laporan Keuangan (ECMM801082)
4. Aspek Akt. dalam Asuransi Umum & Kesehatan (ECMM801169)
5. Aspek Aktuaria dalam Asuransi Jiwa (ECMM801149)
6. Aspek Aktuaria dalam Dana Pensiun (ECMM801159)
7. Aspek Perilaku Dalam Keuangan (ECMM801112)
8. Ekonomi dan Keuangan Transportasi Udara (ECMM811093)
9. Ekonomi Islam (Syariah) (ECMM801017)
10. Ekonomi Manajerial (ECMM801031)
11. Etika dan Tata Kelola (ECMM801141)
12. Fiqh Muamalah untuk Keuangan dan Perbankan (ECMM801027)
13. Hukum dan Hak Kekayaan Bisnis (ECMM811010)
14. Informasi Keuangan untuk Manajer (ECAM812106)
15. Inovasi dan Kewirausahaan (ECMM801151)
16. Ins. Keu.& Aspek Hk. Pengelolaan Investasi (ECMM801068)
17. Investasi dan Manajemen Aset (ECMM801129)
18. Karya Akhir (ECMM801091)
19. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi (ECMM801121)
20. Keselamatan & Keamanan Transportasi Udara (ECMM811092)
21. Keuangan Internasional (ECMM801022)
22. Komunikasi Pemasaran (ECMM801033)
23. Laporan Keuangan Perusahaan (ECAM811206)
24. Lemb. Investasi & Aspek Hukum Penj. Emisi (ECMM801088)
25. Lingkungan Bisnis (ECMM801131)
26. Lingkungan Ekonomi Bisnis Global dan Eropa (ECMM811060)
27. Lingkungan Pasar dan Regulasi Keuangan (ECMM801048)
28. Makalah Ilmiah (ECMM801090)
29. Manajemen Fungsional (ECMM801101)
30. Manajemen Hubungan Industrial (ECMM801014)
31. Manajemen Investasi (ECMM801052)
32. Manajemen Keuangan (ECMM801051)
33. Manajemen Keuangan dan Investasi Syariah (ECMM801037)
34. Manajemen Kinerja SDM (ECMM801034)
35. Manajemen Kontrol dan Sistem Informasi (ECMM811040)
36. Manajemen Logistik dan Mata Rantai Pasok (ECMM801015)
37. Manajemen Pemasaran Internasional (ECMM811080)
38. Manajemen Pemasaran Jasa (ECMM801053)
39. Manajemen Pemasaran Strategik (ECMM801023)
40. Manajemen Penciptaan Nilai & Inovasi (ECMM801115)
41. Manajemen Pengembangan Organisasi (ECMM801044)
42. Manajemen Perbankan Syariah (ECMM801047)
43. Manajemen Portofolio dan Alokasi Aset (ECMM801038)
44. Manajemen Proyek yang Efektif (ECMM801105)
45. Manajemen Risiko Bisnis (ECMM801568)
46. Manajemen Risiko Global (ECMM811070)
47. Manajemen Risiko Keuangan Syariah (ECMM801087)
48. Manajemen Risiko Kredit (ECMM801538)
49. Manajemen Risiko Likuiditas (ECMM801548)
50. Manajemen Risiko Operasional (ECMM801528)
51. Manajemen Risiko Pasar (ECMM801518)
52. Manajemen Risiko Perusahaan (ECMM801558)
53. Manajemen Strategik (ECMM801021)
54. Manajemen Strategik Internasional (ECMM811020)
55. Manajemen Strategik SDM: Teori & Kasus (ECMM801054)
56. Manajemen Talenta (ECMM801024)
57. Matematika Aktuaria 1 (ECMM801099)
58. Matematika Aktuaria 2 (ECMM801109)
59. Matematika Keuangan (ECMM801089)
60. Merjer, Akuisisi & Restrukturisasi Perush. (ECMM801062)
61. Metode Kuantitatif dan Aplikasi Statistik (ECEM801201)
62. Mnj. Operasi untuk Keunggulan Daya Saing (ECMM801065)
63. MSDM: Lintas Budaya (ECMM811090)
64. Negosiasi dan Komunikasi Internasional (ECMM811050)
65. Operasi Jasa Global (ECMM801125)
66. Pasar dan Lembaga Keuangan Syariah (ECMM801067)
67. Pemasaran Bisnis (ECMM801073)
68. Pemasaran Global (ECMM801083)
69. Pemodelan untuk Dinamika Sistem (ECMM801085)
70. Pendanaan Untuk Investasi (ECMM801092)
71. Pengembangan Produk dan Manajemen Merek (ECMM801063)
72. Peningkatan Kualitas dan Six Sigma (ECMM801095)
73. Peningkatan Proses Bisnis (ECMM801135)
74. Perencanaan dan Desain Transportasi Udara (ECMM811091)
75. Perencanaan Keuangan & Mnj. Kesejahteraan (ECMM801077)
76. Perilaku Konsumen (ECMM801013)
77. Produk & Aspek Hukum pada Perdagangan Efek (ECMM801078)
78. Rantai Pasok dan Manajemen Pembelian (ECMM801025)
79. Riset dan Statistik Terapan (ECMM801111)
80. Riset Pemasaran (ECMM801043)
81. Sekuritas Berpendapatan Tetap & Derivatif (ECMM801102)
82. Sistem Bisnis Perusahaan (ECMM801075)
83. Sistem dan Strategi Perdagangan (ECMM801058)
84. Sistem Pengukuran dan Pengendalian Kerja (ECMM801072)
85. Statistika Aktuaria (ECMM801119)
86. Strategi Operasi untuk Daya Saing Global (ECMM801055)
87. Teori dan Pemodelan Risiko (ECMM801139)
88. Teori Pengambilan Keputusan (ECMM811030)
Staf Pengajar
Peraturan Sesuai dengan aturan yang berlaku di Universitas Indonesia
Syarat pendaftaran Memiliki gelar sarjana yang diperoleh dari:
- Perguruan Tinggi Negeri
- Perguruan Tinggi Swasta dengan ijazah yang disamakan oleh Kopertis
- Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI.

Lulus Ujian Masuk, yang meliputi:
- Tes Potensi Akademik
- TOEFL
- Wawancara
Persyaratan program -
Pendaftaran Pendaftaran melalui website http://www.ui.ac.id
Kompetensi *** 1. Memiliki kualitas kepemimpinan yang baik
2. Memiliki kapasitas untuk memimpin dan menyelesaikan masalah-masalah manajerial melalui pemahaman bisnis secara konseptual dan disiplin ilmu yang terkait serta didukung dengan analisa yang kuat
3. Memiliki pemikiran yang global dan mampu berkomunikasi dengan baik
4. Memahami kode etik dalam menjalani hidup dan pekerjaan secara profesional
5. Memiliki interpersonal yang baik, mampu bekerjasama dalam tim dan memiliki kemampuan dalam membentuk jaringan (networking)
Lain - lain *** -
Informasi lain -
PDF Format