Selamat Datang di Katalog Digital UI

Universitas Indonesia membuka berbagai program studi mencakup program diploma, program sarjana, program pasca sarjana, program doktoral, program vokasi, program profesi dan program spesialis.

 

BrowseFakultas EkonomiIlmu Manajemen

Fakultas EKONOMI
Website www.pascafe.ui.ac.id/
Lokasi Gd. Pascasarjana Fakultas Ekonomi
Kampus UI Depok
Kota Depok, Jawa Barat
Telp. (021) 7270164, 7872588-89
Fax. (021) 788491555
http://www.pascafe.ui.ac.id
Email www.pascafe.ui.ac.id
Program Pendidikan S3 (Doctoral Program)
Program Studi Ilmu Manajemen (Management)
Profil Lulusan / Kualifikasi 1. Menguasai keilmuan dan praktek terkini dalam bidang keuangan-perbankan/pemasaran/manajemen-strategik, serta kaitan dengan disiplin lain.
2. Memiliki daya konsepsi tentang masalah praktis dengan gagasan baru dalam perspektif keuangan-Perbankan/pemasaran/ manajemen-strategik untuk kemajuan perusahaan.
3. Menghargai keragaman bidang ilmu, kehidupan multi-kultur masyarakat, kerjasama dalam jangkuan bisnis global.
4. Berkomitmen bagi pengembangan diri dan dengan sesamanya secara berkelanjutan.
5. Memiliki pribadi berintegritas, peduli pada masyarakat dan lingkungan, dan keinginan membangun kerjasama untuk memberi pengaruh positif pada dunia usaha.
Visi Menjadi pusat pengembangan pengetahuan manajemen berbasis penelitian
dan pengajaran yang terkemuka di Asia.
Misi 1. Menghasilkan lulusan dalam bidang manajemen yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang unggul, bermoral dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional.
2. Menemukan dan mengembangkan Ilmu pengetahuan dibidang manajemen serta menyebarkannya demi kepentingan Ilmu pengetahuan dan praktek manajemen di Indonesia.
3. Mengembangkan kepekaan dan kepedulian terhadap keunggulan daya saing institusi bisnis dan sosial melalui lulusan yang berakar nasional dan berwawasan global.
4. Mengembangkan organisasi pelayanan akademik yang mendahulukan proses pendidikan mahasiswa, mendukung proses pengampuan oleh dosen dan meningkatkan kualitas hidup staf pendidikan
Peminatan 1. Keuangan
2. Pemasaran
3. Manajemen Stratejik
4. Perbankan
Kode Organisasi 06.02.06.01
Profil Program Studi Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Selaras dengan Visi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, PPIM memiliki visi "Menjadi Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (S2 & S3)yang terkemuka di Asia Tenggara". Konsisten dengan visi tersebut maka dalam pengembangan dan pelaksanaannya program studi ini sangat menekankan pada kualitas staf pengajarnya dan kualitas para peserta yang mengikuti program ini. Staf pengajar bukan saja memiliki latar belakang pendidikan yang baik dan pengalaman bekerja, tetapi juga pengalaman penelitian yang tinggi. Sedangkan mahasiswa yang diterima telah melalui suatu proses penerimaan yang sangat ketat.

PPIM selalu menekankan kualitas proses belajar mengajar agar transfer ilmu dan kualitas komunikasi antara dosen dan mahasiswa dapat semakin meningkat. Melalui metode belajar Participant Centered Learning, yaitu pada partisipasi aktif mahasiswa, seluruh komponen yang terlibat termotivasi untuk selalu siap merespon ssetiap dinamika diskusi dalam setiap perkuliahan.
Tujuan penyelenggaraan pendidikan di PPIM adalah untuk menghasilkan lulusan yang:
• Menguasai bidang disiplinnya secara mendalam,
• Memiliki sikap dan jiwa kepemimpinan serta inovatif,
• Mampu menjadi pelopor pencarian dan pengembangan ilmu,
• Mampu menyebarkan atau menerapkan keahlian dan pengetahuannya tersebut secara efektif di tempat mereka
berkarya.
Buah dari koordinasi yang terpadu, sistem yang terintegrasi, serta inovasi yang terus menerus diterapkan oleh PPIM adalah peringkat akreditasi “A” pada seluruh jenjang dan kekhususan yang diselenggarakan di PPIM. Prestasi tersebut membuktikan kiprah dan kontribusi PPIM FEUI pada reputasi UI di tingkat nasional dan internasional.
Gelar Akademik Dr.
Akreditasi Akreditasi tertinggi A, dengan skor 4,7 dari 5,0
No. SK BANPT No.007/BAN/PT/Ak-VI/S3/XI/2007 tanggal 16 November 2007
Jenis Kelas Kelas Reguler dan Non Reguler
Masa studi 6 Semester
Jumlah sks 50 SKS
Pendidikan sebelumnya Jenjang Magister
Deskripsi ***
Tujuan
Daftar mata ajaran
APC1. Analisis Multivariat (ECMS904009)
2. Ekonometri Keuangan (ECMS902005)
3. Filsafat Ilmu Metodologi Riset (ECMS904010)
4. Manajemen Strategi (ECMS801021)
5. Penulisan Disertasi (ECMS90417)
6. Penulisan Tesis (ECMS801022)
7. Proses Stokastik (ECMS902016)
8. Publikasi Artikel Ilmiah (FEUI99003)
9. Publikasi Artikel Ilmiah (ECFE909003)
10. Riset Pemasaran Lanjutan (ECMS901001)
11. Seminar Asset Pricing (ECMS902017)
12. Seminar Dinamika Persaingan (ECMS903012)
13. Seminar Entrepreneurship (ECMS904019)
14. Seminar Keuangan Empiris (ECMS902018)
15. Seminar Keuangan Perusahaan (ECMS902003)
16. Seminar Pengetahuan, Inovasi & Perubahan (ECMS903014)
17. Seminar Perbankan & Keuangan (ECMS902011)
18. Seminar Perilaku Konsumen (ECMS901022)
19. Seminar Strategi Perusahaan (ECMS903013)
20. Seminar Struktur Mikro dari Pasar (ECMS902008)
21. Seminar Teori Pemasaran (ECMS901024)
22. Seminar Topik Pilihan dalam Pemasaran (ECMS901026)
23. Teori dan Perilaku Organisasi (ECMS903009)
24. Teori Pemasaran (ECMS901016)
25. Ujian Hasil Riset (ECFE909002)
26. Ujian Promosi Doktor (ECFE909004)
27. Ujian Proposal Riset (ECFE909001)
Staf Pengajar
Peraturan Kode Etik Mahasiswa
Kode Etik Dosen
Syarat pendaftaran a.Memiliki gelar S2 dalam salah satu cabang ilmu yang diperoleh dari:
-Perguruan Tinggi Negeri
-Perguruan Tinggi Swasta dengan ijazah yang disamakan oleh Kopertis
-Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI.

b. Lulus Ujian Masuk, yang meliputi:
-Tes Potensi Akademik
-Bahasa Inggris
-Wawancara
Persyaratan program Lulusan program S2
Pendaftaran www.penerimaan.ui.ac.id/
Kompetensi *** Peluang karir yang tersedia bagi lulusan Program Studi Ilmu Manajemen jenjang Doktor pada kekhususan:
(1) Keuangan, meliputi konsultan keuangan, analis keuangan, tenaga pengajar, dan pembuat kebijakan keuangan.
(2) Pemasaran, konsultan pemasaran, analis pemasaran, tenaga pengajar, dan pembuat kebijakan pemasaran.
(3) Strategi, konsultan, analis strategi perusahaan, dan tenaga pengajar.
(4) Perbankan, konsultan perbankan, analis perbankan, tenaga pengajar, dan pembuat kebijakan perbankan.
Lain - lain *** khususn untuk kelas Non Reguler (peminatan Manajemen Stratejik) dilakanakan pada hari Jumat dan Sabtu
Informasi lain Kekhususan Manajemen Stratejik di Salemba
Kekhususan Manajemen Keuangan Perusahaan, Pemasaran & Perbankan di Depok
PDF Format