Selamat Datang di Katalog Digital UI

Universitas Indonesia membuka berbagai program studi mencakup program diploma, program sarjana, program pasca sarjana, program doktoral, program vokasi, program profesi dan program spesialis.

 

BrowseFakultas FarmasiFarmasi

Fakultas FARMASI
Website http://www.farmasi.ui.ac.id
Lokasi Fakultas Farmasi
Kampus UI Depok
Jawa Barat 16424
Telepon : 021-78849001-03, 021-78884557, 021-7864049, 0217270031 ext. 107/114
Fax. 021-7863433
Email secretariat@farmasi.ui.ac.id
Program Pendidikan S3 (Doctoral Program)
Program Studi Farmasi (Pharmacy)
Profil Lulusan / Kualifikasi Profil Lulusan Doktor Ilmu Kefarmasian:

Lulusan Doktor Ilmu Kefarmasian yang mampu mengembangkan ilmu kefarmasian melalui penerobosan pembaruan berbasis riset, dan mampu menyelesaikan permasalahan yang kompleks di bidang ilmu kefarmasian sesuai dengan bidang peminatan kefarmasian, yaitu: peminatan Teknologi Farmasi, Kimia Farmasi, Biologi Farmasi, atau Farmasi Klinik.

Kompetensi (Learning outcomes):

• Menunjukkan kedewasaan dalam berpikir terbuka dan tanggap terhadap perkembangan IPTEK di bidang Farmasi,
• Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penerobosan pembaruan berbasis riset dalam bidang Farmasi,
• Menciptakan orisinalitas/pembaruan dari perkembangan mutakhir (state of art) di bidang
• Mampu merekomendasikan penyelesaian masalah yang kompleks di bidang kefarmasian melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.
• Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dibidang ilmu kefarmasian sesuai dengan kemaslahatan industry farmasi, rumah sakit, pemerintah, atau masyarakat pada umumnya.
Visi Program Doktor Pasca Sarjana Ilmu Farmasi sejalan dengan Visi UI yaitu menjadi Program Doktor Farmasi yang unggul dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pelayanan bidang Ilmu Farmasi, serta bertaraf internasional
Misi 1. Misi Program Doktor Pasca Sarjana Ilmu Farmasi sejalan dengan Misi UI yaitu menyelenggarakan dan mengembangan pendidikan program Doktor yang berkualitas secara efektif dan efisien, dengan cara mengintegrasikan perkuliahan dengan penelitian melalui kurikulum berbasis penelitian yang berkualitas, untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang kefarmasian dan mampu bersaing secara nasional dan internasional.
2. Melaksanakan kegiatan akademik secara profesional untuk menyiapkan Doktor Farmasi untuk menjadi pemimpin masa depan yang bermoral, berwawasan global, dan peduli terhadap kehidupan masyarakat serta memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang unggul dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional.
3. Melaksanakan kegiatan penelitian yang mendukung proses pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan khususnya bidang kefarmasian, melalui kemitraan, dan jaringan kerja dengan peneliti lain, institusi penelitian, industri baik yang berada di dalam dan di luar negeri.
4. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian secara orisinal dengan pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki yang diakui secara nasional maupun internasional, serta memiliki pola pikir yang kreatif, inovatif, kritis, analitis mempunyai sikap yang objektif dan profesional.
5. Menjamin terwujudnya kebebasan akademik bagi sivitas akademika berdasarkan asas kebersamaan, saling menghargai, dan saling toleransi terhadap perbedaan sudut pandang, latar belakang budaya yang dapat menjamin terciptanya iklim akademik yang kondusif di lingkungan kampus.
Peminatan 1. Teknologi Farmasi
2. Kimia Farmasi/Kimia Medisinal
3. Biologi Farmasi
4. Farmasi Klinik
Kode Organisasi 06.00.17.01
Profil Program Studi IPTEK kefarmasian berkembang semakin pesat baik yang berorientasi pada pelayanan kepada masyarakat, industri, maupun dalam penemuan obat baru yang mengandung zat berkhasiat sintetik dan yang berasal dari bahan alam. Masyarakat modern menuntut dihasilkannya produk industri farmasi yang berkualitas yang memberikan kontribusi bagi peningkatan kesehatan terutama yang memiliki nilai ekonomi tinggi.
Industri farmasi dituntut tidak hanya melakukan kegiatan manufaktur formulasi obat saja, akan tetapi juga untuk penemuan molekul aktif baru yang sangat berguna bagi kesehatan. Industri farmasi yang merupakan industri berbasis penelitian memiliki arti penting, baik ditinjau dari segi peningkatan mutu kesehatan maupun untuk kepentingan ekonomi dan daya tahan suatu bangsa.
Perkembangan bidang dan lapangan kerja kefarmasian, perubahan pola hidup masyarakat, yang menuntut kepakaran IPTEK kefarmasian yang semakin menglobal, mengharuskan ditingkatkannya pendidikan tenaga farmasis ke tingkat yang paling tinggi secara formal yaitu pendidikan S3. Maka program studi pascasarjana Ilmu Farmasi Fakultas Farmasi-UI bermaksud membuka program S3 Ilmu Farmasi, mengingat sarana, prasarana dan sumberdaya manusia tersedia untuk pengelolaannya.
Karakteristik dari Program S3 yang akan dibuka ini didasari kenyataan bahwa dalam kebutuhan penelitian bidang farmasi saat ini mencakup ilmu dasar farmasi antara lain bidang farmasetika (biofarmasetika & farmakokinetika, drug delivery), bioteknologi farmasi, farmasi bahan alam, kimia medisinal, dan farmakologi-toksikologi, serta ilmu terapan bidang farmasi klinik.
Gelar Akademik Dr
Akreditasi Dalam proses
No. SK BANPT
Jenis Kelas
Masa studi
Jumlah sks
Pendidikan sebelumnya Lulusan S2 (IPK ≥ 3,0) bidang ilmu farmasi, biologi, kimia, dan kedokteran.
Deskripsi ***
Tujuan 1. Menghasilkan pemimpin masa depan yang bermoral, berwawasan global, dan peduli terhadap kehidupan masyarakat serta memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang unggul dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional.
2. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian secara orisinal dengan pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki yang diakui secara nasional maupun internasional, serta memiliki pola pikir yang kreatif, inovatif, kritis, analitis mempunyai sikap yang objektif dan profesional.
3. Memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan dan ketrampilan teknis yang diperlukan untuk mengadaptasi atau menciptakan metodologi baru yang akan digunakan dalam pekerjaannya.
4. Menguasai teori dan konsep serta mampu menggunakan pengetahuan dan ketrampilan dalam kawasan keahliannya memecahkan permasalahan termasuk yang memerlukan lintas disiplin.
5. Mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya baik dengan kelompok pakar sebidang (peer group) maupun khalayak yang lebih luas.
Daftar mata ajaran
APC1. Analisis Data dan Statistik Lanjut (PMDF900111)
2. Metodologi Penelitian Lanjut (PMDF900110)
3. Proposal Riset (PMDF900020)
4. Publikasi - Konferensi Internasional (PMDF900017)
5. Publikasi 1 - Konferensi Internasional (PMDF900114)
6. Publikasi 2 (PMDF900115)
7. Publikasi 3 (PMDF900116)
8. Publikasi Artikel (PMDF900018)
9. Seminar Berkala Kelompok Ilmu (PMDF900112)
10. Sidang Promosi (PMDF900022)
11. Topik Khusus 1 (PMDF900023)
12. Topik Khusus 2 (PMDF900024)
13. Topik Khusus 3 (PMDF900025)
14. Ujian Hasil Riset (PMDF900021)
Staf Pengajar
Peraturan Peraturan Pendidikan sesuai peraturan Universitas Indonesia
Dapat dilihat di website : http://www.farmasi.ui.ac.id
Syarat pendaftaran Untuk tata cara pendaftaran, tanggal pendaftaran, ujian seleksi masuk, materi ujian dan Biaya Pendidikan bisa dilihat di website : www.penerimaan.ui.ac.id
Persyaratan program 1. S2 Farmasi/sebidang
2. Untuk lulusan S2 Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional
Pendaftaran
Kompetensi ***
Lain - lain ***
Informasi lain
PDF Format