Selamat Datang di Katalog Digital UI

Universitas Indonesia membuka berbagai program studi mencakup program diploma, program sarjana, program pasca sarjana, program doktoral, program vokasi, program profesi dan program spesialis.

 

BrowseFakultas PascasarjanaKajian Gender

Fakultas PASCASARJANA
Website http://kajiangender.pps.ui.ac.id
Lokasi Program Studi Kajian Gender
Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Lantai IV
Jl. Salemba Raya No. 4 Jakarta 10430
Telepon 021-3160788 Fax 021-3907407
Contact Person : Sri Iswahyuni Dewi
Email pskgender@ui.ac.id, kajiangender90@gmail.com
Program Pendidikan S2 (Graduate Program)
Program Studi Kajian Gender (Gender Studies)
Profil Lulusan / Kualifikasi 1. Menghasilkan lulusan yang memiliki minat dan kepedulian besar pada isu perempuan dan gender, memiliki kompetensi intelektual dan daya analisis-sintensis yang baik, memiliki kemampuan menulis yang baik dan menjunjung tinggi etika ilmiah.
2. Menjawab kebutuhan akan ahli gender untuk memastikan kesetaraan dan keadilan gender di berbagai bidang kehidupan dari wilayah mikro personal dan komunitas kecil hingga kebijakan dan implementasi kebijakan sangat besar di Indonesia
Visi Menjadi lembaga rujukan terdepan di tingkat nasional dan internasional untuk pengembangan konseptual kajian perempuan dan kajian gender di Indonesia, dalam rangka memperjuangkan terciptanya masyarakat adil gender
Misi “Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di tingkat pendidikan pascasarjana, sebagai perwujudan peran aktif mengupayakan masyarakat adil gender”, melalui:
a. Mengembangkan kurikulum dan kajian interdisipliner dan dengan bobot yang seimbang antara teori dan praktek, dengan menggunakan pendekatan adil gender yang inklusif.
b. Menyelaraskan kurikulum dengan perkembangan dunia kerja, perubahan sosial, perkembangan teknologi informasi dan perkembangan global untuk memastikan relevansi dan peran strategis dari bidang kajian dan lulusan.
c. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan peserta didik dan lulusan yang memiliki kemampuan analisis-sintesis yang baik dalam isu kajian perempuan dan gender, serta komitmen untuk mengimplementasikan kompetensinya.
d. Mengembangkan penelitian dan kajian tentang isu-isu perempuan dan relasi gender sesuai dengan kebutuhan penguatan masyarakat, dengan menggunakan pendekatan dan metodologi yang kredibel, kontekstual dan mengikuti perkembangan terkini.
e. Malaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan mengembangkan kemitraan dan saling penguatan antara perguruan tinggi, lembaga-lembaga negara dan pemerintahan, serta masyarakat luas dalam berbagai bentuknya, ditingkat lokal, nasional dan internasional.
Peminatan Kekhususan A/Akademik: Kajian Gender dan Rekonstruksi Pengetahuan
Kekhususan B/Profesional: Pengarusutamaan Gender dan Transformasi Sosial
Kode Organisasi 06.00.14.01
Profil Program Studi Program Studi Kajian Wanita (Kajian Gender), Universitas Indonesia didirikan pada tahun 1990. Sejak awal pendiriannya berada di bawah program pascasarjana Universitas Indonesia. Kedudukan Program Studi Kajian Wanita (Kajian Gender) diperkuat dengan SK Dikti No.29/DIKTI/Kep/1994 dalam dunia perguruan tinggi. Terhitung tanggal 27 Maret 2012 Program Studi Kajian Wanita telah berubah nama menjadi Program Studi Kajian Gender (SK Rektor nomor: 0571/SK/R/UI/2012)

Program Studi Kajian Wanita (Kajian Gender) menghasilkan lulusan yang memiliki minat dan kepedulian besar pada isu perempuan dan gender, memiliki kompetensi intelektual dan daya analisis-sintensis yang baik, memiliki kemampuan menulis yang baik dan menjunjung tinggi etika ilmiah.

Lulusan Program Studi Kajian Wanita (Kajian Gender) menjawab kebutuhan akan ahli gender untuk memastikan kesetaraan dan keadilan gender di berbagai bidang kehidupan dari wilayah mikro personal dan komunitas kecil hingga kebijakan dan implementasi kebijakan sangat besar di Indonesia.
Gelar Akademik Magister Sain (M.Si)
Akreditasi A
No. SK BANPT 020/BAN-PT/Ak-V/S2/X/2007
Jenis Kelas Reguler
Masa studi 4 semester
Jumlah sks 40 sks
Pendidikan sebelumnya Sarjana S1 semua disiplin ilmu pengetahuan
Deskripsi ***
Tujuan Memastikan agar program studi terus up to date dalam menjawab kebutuhan masyarakat luas dan memiliki posisi tawar yang lebih baik dalam perbandingan dengan lembaga-lembaga serupa di luar negeri (gender studies di berbagai negara lain), apalagi di dalam negeri.
“Ikut berperan aktif dalam mendukung terciptanya kesetaraan dan keadilan gender dan mendukung Universitas Indonesia sebagai Universitas terdepan, dengan menyiapkan lulusan Magister Kajian Gender yang dapat berperan sebagai ahli Kajian Gender di berbagai sektor/bidang kerja”, yang memiliki komptensi sebagai berikut:

a. Mampu menghasilkan data, analisis, kajian dan penelitian sosial dengan fokus khusus pada kajian perempuan/kajian gender
b. Mampu menerapkan pengetahuan dan kemampuan analisisnya di bidang kerja yang berbeda-beda, untuk penguatan masyarakat, pengembangan usaha maupun untuk advokasi
kebijakan
c. Mampu menggunakan berbagai teori kajian gender dan alat analisisnya untuk menjelaskan masalah dan memberikan rekomendasi dalam bentuk program maupun kebijakan
untuk kesetaraan dan keadilan gender
d. Mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu dan kebutuhan yang terus berkembang dalam masyarakat di tingkat lokal, nasional dan global
Daftar mata ajaran
APC1. Agama & Spiritualitas dengan Perspektif Ge (PGGS801002)
2. Analisis Gender, Pengarusutamaan Gender da (PGGS803001)
3. Filsafat Ilmu dan Pendekatan Multidisiplin (PGGE800001)
4. Gender dalam Hukum, Politik dan Kebijakan (PGGS802003)
5. Gender dan Penghidupan (PGGS802002)
6. Metodologi Penelitian Kajian Gender (PGGS801004)
7. Peminatan Terbimbing (PGGS803003)
8. Penulisan Akademik (PGGE800002)
9. Sensitivitas Gender & Dasar-dasar Kajian G (PGGS801001)
10. Teori-teori Feminis (PGGS801003)
11. Tesis (PGGS804001)
12. Tubuh, Seksualitas dan Perubahan Sosial (PGGS802001)
13. Tugas Lapangan dan Penyusunan Program (PGGS803002)
Staf Pengajar
Peraturan Sesuai Peraturan Universitas Indonesia
1. Syarat pendaftaran yaitu ditetapkan oleh Universitas Indonesia
2. Persyaratan program yaitu berlatar belakang sarjana S1 dari semua disiplin ilmu pengetahuan
3. Pendaftaran umum yaitu dapat dilihat pada http://penerimaan.ui.ac.id
Syarat pendaftaran Syarat administratif ditetapkan oleh Universitas Indonesia, dapat dilihat pada http://penerimaan.ui.ac.id
Persyaratan program Latar belakang Sarjana S1 semua disiplin ilmu
Pendaftaran http://penerimaan.ui.ac.id
Kompetensi ***
Lain - lain ***
Informasi lain Ketua Program studi : Dr.E. Kristi Poerwandari, M.Hum
Sekretaris : Shelly Adelina, M.Si

Program studi dapat melakukan kerjasama instansi lain/Departemen/LSM & NGO dalam bentuk pelatihan-pelatihan agar peserta dapat memahami masalah-masalah tentang perempuan dan penguatan peserta sehingga tercipta kesetaraan dan keadilan gender.

Staf Pengajar:

1. Ani W. Soetjiptp, MA
2. Anita Rahman, M.Hum
3. Aquarini Priyatna Prabasmoro, M.Hum, Ph.D
4. Bambang Rustanto, Dr
5. Fentiny Nugroho, Ph.D
6. Francisia Seda, Ph.D
7. Gadis Arivia, Dr
8. Joas Adiprasetya, Dr.
9. Iklilah M.D. Fajriyah, M.Si
10. I.L. Madya Utama, S.J., Dr.
11. Irwanto, Dr., Prof
12. Kristi Poerwandari, M.Hum., Dr.
13. Leli Nurrohman, M.Hum
14. Maria Josephine Mantik, M.Hum., Dr.
15. Musdah Mulia, Dr., Prof.
16. Nani Nurrachman, Dr.
17. Nasaruddin Umar., Dr., Prof.
18. Nur Iman Subono, Drs., M.Hum
19. Rahayu Surtiati Hidayat, Dr., Prof.
20. Ratna Batara Munti, M.Si
21. Ruth Eveline, M.Si
22. Saparinah Sadli, Dr., Prof.
23. Shelly Adelina, M.Si
24. Sjamsiah Achman, MA
25. Sri Kusyuniati, Dr.
26. Sri Moertiningsih Adioetomo, Ph.D., Prof.
27. Syafiq Hasyim, MA
28. Sulikanti Agusni, Ph.D
29. Sulistyowati Irianto, Dr., Prof
30. Widjajanti M. Santoso, Dr.
31. Yustina Rostiawati, M.Hum
32. Zulminarni, M.S.
PDF Format