Selamat Datang di Katalog Digital UI

Universitas Indonesia membuka berbagai program studi mencakup program diploma, program sarjana, program pasca sarjana, program doktoral, program vokasi, program profesi dan program spesialis.

 

BrowseFakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan AlamBiologi

Fakultas MATEMATIKA & ILMU PENGETAHUAN ALAM
Website http://www.sci.ui.ac.id; http://www.biologi.ui.ac.id; http://biolui.wordpress.com/
Lokasi Depertemen Biologi FMIPA-UI. Gedung E Lt. 2
Kampus UI Depok. Depok 16424
Telepon: 021 7270163; 021 78849009
Fax: 021 78849010
Email biologi@sci.ui.ac.id; E-mail: sekretariat@sci.ui.ac.id
Program Pendidikan S3 (Doctoral Program)
Program Studi Biologi (Biology)
Profil Lulusan / Kualifikasi Memiliki kemandirian dalam mengembangkan dan menciptakan lapangan kerja baru berlandaskan ilmu pengetahuan dan konservasi keanekaragaman hayati.
Visi Departemen Biologi FMIPA UI khususnya Program Studi Pascasarjana FMIPA UI sebagai pusat unggulan pendidikan dan penelitian konservasi biodiversitas yang mendukung peningkatan sumberdaya manusia yang mempu berperan dan bersaing di tingkat nasional dan internasional.
Misi Departemen Biologi FMIPA UI mengemban misi mampu berperan aktif mengembangkan Biologi, terutama dalam lingkup konservasi biodiversitas, melalui pelaksanaan pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkesinambungan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Peminatan 1. Biologi Konservasi
2. Ekologi Komunitas
3. Mikrobiologi
4. Teknologi Reproduksi
Kode Organisasi 04.04.03.01
Profil Program Studi Saat ini, Departemen Biologi FMIPA UI mengelola Program Studi Sarjana (S1), Pascasarjana (S2: Biodiversitas dan Konservasi; S2: Ilmu Kelautan; dan S3: Biodiversitas dan Konservasi).
Gelar Akademik Dr.
Akreditasi C
No. SK BANPT 004/2010
Jenis Kelas Reguler
Masa studi 6 semester
Jumlah sks 50 sks
Pendidikan sebelumnya S2 Sebidang
Deskripsi *** Program Studi Pascasarjana Biologi FMIPA-UI didirikan pada tahun 1993 sebagai pusat pendidikan dan kajian ilmu pengetahuan yang mendukung peningkatan sumberdaya manusia dalam meneliti, melestarikan, dan memanfaatkan sumberdaya alam hayati.
Sebagai penyelenggara program pendidikan konservasi pada jenjang Magister dan Doktor yang pertama di Indonesia. Program Studi Pascasarjana Biologi FMIPA-UI bertujuabn menghasilkan peneliti, pendidik, dan praktisi tangguh dan berwawasan internasional yang mampu menciptakan terobosan baru dalam bidang Biologi Konservasi.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Program Studi Pascasarjana Biologi FMIPA-UI telah menggalang kerjasama dengan berbagai instansi, baik di dalam maupun di luar negeri, yang tercermin dari staf pengajar yang terlibat di dalamnya.
Tujuan Menghasilkan ahli biologi yang kompeten yang mampu mengembangkan konsep baru dan produk inovasi dalam bidang biodiversitas dan konservasi keanekaragaman hayati untuk keperluan pengetahuan dan masyarakat.
Daftar mata ajaran
Staf Pengajar APC
Peraturan 1. Lulus Seleksi Program Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB)
2. Sehat Jasmani dan Rohani
3. Hanya mempunyai satu nomor registrasi untuk Universitas Indonesia
4. Calon mahasiswa berkewarganegaraan asing harus mendapatkan izin dari Kementrian Pendidikan Nasional RI
Syarat pendaftaran Lihat http://www.penerimaan.ui.ac.id
Lulusan Magister (S2) dari displin terkait.
Memiliki kemampuan membaca dan berbicara dalam Bahasa Inggris.
Persyaratan program 1. MK Wajib Fakultas 4 SKS
2. MK Wajib Program Studi 40 SKS
5. MK Wajib Pilihan 6 SKS
Pendaftaran Lihat http://penerimaan.ui.ac.id
Kompetensi *** Ada 4 kompetensi utama yang ditetapkan oleh Prodi Biologi:
1. Menunjukkan sikap dan perilaku ilmuwan
2. Mampu menerapkan konsep dasar biologi untuk penyelesaian masalah dalam berbagai tataran keilmuan (ilmu murni/basic maupun terapan)
3. Mampu menghasilkan produk informasi dan pemikiran (yang kreatif) dalam bidang biologi
4. Mampu berinteraksi dan memberikan alternatif pemecahan masalah pada lingkungan
Lain - lain ***
Informasi lain Ada tujuh laboratorium yang dimiliki oleh Departemen Biologi FMIPA UI sebagai sarana pendidikan dan penelitian, yaitu Lab. Taksonomi (Tumbuhan, Hewan dan Mmolekuler), Lab. Fisiologi (Tumbuhan, Hewan dan Kultur Jaringan), Lab. Ekologi, Lab. Genetika, Lab. Mikrobiologi, Lab. Biologi Perkembangan dan Reproduksi dan Lab. Biologi Kelautan.
Beberapa sarana penunjang yang ada adalah perpustakaan, rumah kaca, rumah anggrek, rumah pemeliharaan Rodensia, ruang kultur alga, dan ruang pemeliharaan dan penelitian mikroorganisme (University of Indonesia Culture Collection).
Departemen Biologi siap memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan SDM yang pakar dibidangnya dan berpengalaman, serta oleh fasilitas yang memadai. Bentuk layanan kepada masyarakat, antara lain konsultasi, pelatihan, analisis sampel, dan lain-lain.
PDF Format