Selamat Datang di Katalog Digital UI

Universitas Indonesia membuka berbagai program studi mencakup program diploma, program sarjana, program pasca sarjana, program doktoral, program vokasi, program profesi dan program spesialis.

 

BrowseFakultas EkonomiIlmu Manajemen

Fakultas EKONOMI
Website http://www.pascafe.ui.ac.id/
Lokasi Gedung Pascasarjana Fakultas Ekonomi
Kampus UI Depok
Kota Depok, Jawa Barat
Telp. (021) 7270164, 7872588-89
Fax. (021) 788491555
http://www.pascafe.ui.ac.id
Email http://www.pascafe.ui.ac.id/
Program Pendidikan S2 (Graduate Program)
Program Studi Ilmu Manajemen (Management)
Profil Lulusan / Kualifikasi 1. Menguasai keilmuan dan praktek terkini dalam bidang keuangan-perbankan/pemasaran/manajemen-strategik, serta kaitan dengan disiplin lain.
2. Memiliki daya konsepsi tentang masalah praktis dengan gagasan baru dalam perspektif keuangan-Perbankan/pemasaran/ manajemen-strategik untuk kemajuan perusahaan.
3. Menghargai keragaman bidang ilmu, kehidupan multi-kultur masyarakat, kerjasama dalam jangkuan bisnis global.
4. Berkomitmen bagi pengembangan diri dan dengan sesamanya secara berkelanjutan.
5. Memiliki pribadi berintegritas, peduli pada masyarakat dan lingkungan, dan keinginan membangun kerjasama untuk memberi pengaruh positif pada dunia usaha.
Visi Menjadi pusat pengembangan pengetahuan manajemen berbasis penelitian
dan pengajaran yang terkemuka di Asia.
Misi 1. Menghasilkan lulusan dalam bidang manajemen yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang unggul, bermoral dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional.
2. Menemukan dan mengembangkan Ilmu pengetahuan dibidang manajemen serta menyebarkannya demi kepentingan Ilmu pengetahuan dan praktek manajemen di Indonesia.
3. Mengembangkan kepekaan dan kepedulian terhadap keunggulan daya saing institusi bisnis dan sosial melalui lulusan yang berakar nasional dan berwawasan global.
4. Mengembangkan organisasi pelayanan akademik yang mendahulukan proses pendidikan mahasiswa, mendukung proses pengampuan oleh dosen dan meningkatkan kualitas hidup staf pendidikan
Peminatan 1. Keuangan
2. Pemasaran
3. Manajemen Stratejik
4. Perbankan
5. Manajemen Human Capital
Kode Organisasi 04.02.06.01
Profil Program Studi Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dengan tenaga pengajar sebagian besar berasal dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI). Baik FEUI maupun Universitas Indonesia mempunyai reputasi dalam menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi sangat tinggi. Konsisten dengan visi tersebut, maka dalam pengembangan dan pelaksanaannya program studi sangat menekankan pada kualitas para peserta yang masuk ke program, serta kualitas staf pengajarnya. Para peserta yang diterima telah melalui suatu proses penerimaan yang sangat ketat untuk memastikan bahwa mereka yang diterima memiliki kualifikasi yang cukup di program pascasarjana. Staf pengajar harus memiliki latar belakang pendidikan yang baik, serta pengalaman bekerja dan meneliti yang memuaskan.
PPIM selalu menekankan kualitas proses belajar mengajar agar transfer ilmu dan kualitas komunikasi antara dosen dan mahasiswa dapat semakin meningkat. Melalui metoda belajar Participant Centered Learning, yaitu pada partisipasi aktif mahasiswa, seluruh komponen yang terlibat termotivasi untuk selalu siap merespon ssetiap dinamika diskusi dalam setiap perkuliahan.
Tujuan penyelenggaraan pendidikan di PPIM adalah untuk menghasilkan lulusan yang:
• Menguasai bidang disiplinnya secara mendalam,
• Memiliki sikap dan jiwa kepemimpinan serta inovatif,
• Mampu menjadi pelopor pencarian dan pengembangan ilmu,
• Mampu menyebarkan atau menerapkan keahlian dan pengetahuannya tersebut secara efektif di tempat mereka
berkarya.
Buah dari koordinasi yang terpadu, sistem yang terintegrasi, serta inovasi yang terus menerus diterapkan oleh PPIM adalah peringkat akreditasi “A” pada seluruh jenjang dan kekhususan yang diselenggarakan di PPIM. Prestasi tersebut membuktikan kiprah dan kontribusi PPIM FEUI pada reputasi UI di tingkat nasional dan internasional.
Gelar Akademik M.S.M
Akreditasi Akreditasi tertinggi A, dengan skor 377 dari 400.
No. SK BANPT SK Ketua BAN-PT No.025/BAN/PT/Ak-IX/S2/XI/2011 tanggal 18 November 2011
Jenis Kelas Kelas Reguler dan Non Reguler
Masa studi 4 Semester
Jumlah sks 42 SKS
Pendidikan sebelumnya Sarjana (S1)
Deskripsi *** Visi

Menjadi program pascasarjana ilmu manajemen yang terkemuka di Asia Tenggara.

MISI
Visi di atas diwujudkan melalui misi yang dikenal secara populer sebagai ”3 D,” yaitu:

1. Membangun pendidikan pascasarjana ilmu manajemen yang modern untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing, melalui proses mengajar-belajar, SDM (mahasiswa, pengajar dan staf), suasana dan fasilitas kampus yang handal (to Develop);

2. Memelopori pencarian dan pengembangan pengetahuan di bidang manajemen, didasari oleh penguasaan yang mendalam atas bidang kekhususan (to Discover); dan

3. Mendorong penyebaran dan penerapan pengetahuan di bidang manajemen, melalui karya atau peran mahasiswa, pengajar dan lulusan, guna memenuhi tuntutan masyarakat yang semakin kompleks (to Disseminate).
Tujuan
Daftar mata ajaran
APC1. Aliansi Strategis Publik dan Swasta (ECMS803038)
2. Analisa Laporan Keuangan (ECMS802011)
3. Corporate University (MGMT74003)
4. Desain Eksperimen (ECMS801026)
5. Ekonometri Keuangan 1 (ECMS802008)
6. Ekonometri Keuangan 2 (ECMS802009)
7. Ekonomi Mikro untuk Perbankan (ECMS802024)
8. Investasi (ECMS802014)
9. Kepemimpinan Strategi (ECMS804007)
10. Kepemimpinan Strategi dan Kompetensi (ECMS803008)
11. Keuangan Perusahaan (ECMS802004)
12. Keuangan Perusahaan Lanjutan (MGMT72001)
13. Kewirausahaan dan Strategi (ECMS803015)
14. Komunikasi Pemasaran Terpadu & Digital Mar (ECMS804008)
15. Lingkungan Bisnis Dinamis (ECMS803003)
16. Lingkungan Pasar dan Moneter (ECMS802015)
17. Manajemen Airport (ECMS803025)
18. Manajemen Aset dan Kewajiban (ECMS802002)
19. Manajemen Infrastruktur Terpadu (ECMS803020)
20. Manajemen Kinerja (ECMS804006)
21. Manajemen logistik dan Rantai Pasokan (ECMS803034)
22. Manajemen Pelabuhan laut (ECMS803041)
23. Manajemen Pengetahuan (ECMS803042)
24. Manajemen Perusahaan Penerbangan (ECMS803039)
25. Manajemen Produk & Kebijakan Harga (MGMT71009)
26. Manajemen SDM untuk Keunggulan Daya Saing (ECMS803005)
27. Manajemen Strategi (ECMS801021)
28. Marketing Internasional (ECMS804009)
29. Metode Kuantitatif untuk Keuangan (ECMS802027)
30. Metode Kuantitatif untuk Manajemen Strateg (ECMS803043)
31. Metode Kuantitatif untuk Pemasaran (ECMS801023)
32. Metode Kuantitatif untuk SDM (ECMS804001)
33. Metodologi Riset (ECMS801016)
34. Pemasaran Jasa (ECMS801027)
35. Pemasaran Relasional (ECMS801015)
36. Pemodelan Risiko (ECMS802017)
37. Pengembangan Talent (ECMS804002)
38. Penulisan Tesis (ECMS801022)
39. Peraturan Perbankan dan Basel II (ECMS802003)
40. Perilaku Konsumen (ECMS801002)
41. Perilaku Organisasi dan Proses Perubahan (ECMS803010)
42. Presentasi Hasil Riset (ECMS804010)
43. Proses Strategi (ECMS803014)
44. Restrukturisasi Perusahaan (ECMS803016)
45. Sarana Perkotaan Publik (ECMS803033)
46. Sekuritas Pendapatan Tetap dan Derivatif (ECMS802026)
47. Seminar Etika Bisnis dan Kapital Sosial (ECMS803032)
48. Seminar Komunikasi Pemasaran (ECMS801010)
49. Seminar Riset Pemasaran (ECMS801012)
50. Strategi Kompensasi dan Benefit (ECMS804004)
51. Strategi Manajemen Merek (ECMS801001)
52. Strategi Staffing and Outsourcing (ECMS804005)
53. Tesis (MGMT70034)
54. Tesis (ECMS804011)
Staf Pengajar
Peraturan Sesuai dengan peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia
Syarat pendaftaran a.Memiliki gelar sarjana dalam salah satu cabang ilmu yang diperoleh dari:
-Perguruan Tinggi Negeri
-Perguruan Tinggi Swasta dengan ijazah yang disamakan oleh Kopertis
-Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI.

b. Lulus Ujian Masuk, yang meliputi:
-Tes Potensi Akademik
-Bahasa Inggris
Persyaratan program Lulus Sarjana (S1)
Pendaftaran Lulus dalam Ujian saringan masuk universitas Indonesia
Kompetensi *** Peluang karir yang tersedia bagi lulusan Program Studi Ilmu Manajemen jenjang Magister pada kekhususan:

(1) Keuangan, meliputi analis pasar modal, analis pasar,konsultan keuangan dan investasi
(2) Pemasaran, berpeluang menduduki berbagai posisidalam fungsi pemasaran seperti riset pasar dan pemasaran, konsultan pemasaran, perencana pemasaran, dan R & D.
(3) Strategy, melingkupi perencana kebijakan strategis, konsultan stratejik, serta analis strategi perusahaan.
(4) Perbankan, di antaranya analis manajemen resiko, analis pasar keuangan, analis sekuritas, dan industri perbankan.
Lain - lain *** -
Informasi lain Kekhususan Manajemen Stratejik & Perbankan di Salemba
Kekhususan Manajemen Keuangan Perusahaan & Pemasaran di Depok
PDF Format