Selamat Datang di Katalog Digital UI

Universitas Indonesia membuka berbagai program studi mencakup program diploma, program sarjana, program pasca sarjana, program doktoral, program vokasi, program profesi dan program spesialis.

 

BrowseFakultas Ilmu Sosial & Ilmu PolitikIlmu Komunikasi

Fakultas ILMU SOSIAL & ILMU POLITIK
Website http://www.fisip.ui.ac.id
Lokasi Gedung IASTH lt. 6
Kampus UI Salemba
Jl. Salemba Raya No. 4
Jakarta Kode Pos: 10430

Telp. (021) 3156941, 2904722
Fax. (021) 3907404
Email
Program Pendidikan S2 (Graduate Program)
Program Studi Ilmu Komunikasi (Communication)
Profil Lulusan / Kualifikasi
Visi Program Pascasarjana Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia berusaha untuk menjadi sebuah institusi akademik yang unggul dan tanggap terhadap perubahan di bidang komunikasi pada tataran internasional maupun nasional. Sebagai sebuah lembaga pendidikan komunikasi yang tertua di bidang komunikasi, program pascasarjana ilmu komunikasi akan terus mempertahankan reputasinya sebagai sebuah lembaga pendidikan di bidang pengajaran dan penelitian dengan mengembangkan pendekatan multi-disiplin pada tingkat master dan dotoral. Menjadi yang terkemuka dalam pengajaran dan penelitian di bidang ilmu komunikasi merupakan ciri program dan melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai akademisi maupun praktisi yang siap untuk menjadi pemimpin yang inspiratif dan mampu untuk melestarikan tradisi budaya kita.
Misi Berdasarkan Visi di atas maka Program Pascasarjana di atas Graduate Program akan terus:
1. Menawarkan jenjang pendidikan master dan doktor dalam bidang komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan industri.
2. Mengembangkan penelitian dan publikasi ilmiah yang mandiri dan melakukan kerjasama dengan universitas terkemuka baik nasional maupun internasional.
3. Rekruitmen mahasiswa dan staf pengajar yang didasarkan atas prestasi tanpa diskriminasi.
4. Menyediakan fasilitas belajar dan mata kuliah yang terkini dalam berbagai bidang dalam ilmu komunikasi seperti komunikasi korporasi, kamunikasi pemasaran, komunikasi politik, media dan kajian budaya, ekonomi politik komunikasi.
5. Mengembangkan berbagai mata kuliah ilmu komunikasi yang multi disipliner dan inovatif.
Peminatan 1. Manajemen Media
2. Komunikasi Promosi dan Pemasaran
3. Komunikasi Korporasi
4. Manajemen Komunikasi Politik
Kode Organisasi 04.01.09.01
Profil Program Studi Secara resmi Program Studi Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Universitas Indonesia berdiri pada tahun 1982, berdasarkan: Kepres No. 44 Tahun 1982. Pada masa perkembangannya kejelasan status pendirian Program ini diatur kembali dengan terbitnya Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 577/Dikti/Kep/1993, tertanggal 25 September 1993. Saat ini, Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi menyelenggarakan dua jenjang pendidikan yaitu Magister (S2) dan Doktor (S3). Jenjang pendidikan S2, diselenggarakan sebagai upaya untuk mengembangkan keahlian bagi para sarjana yang berprofesi sebagai dosen maupun praktisi di bidang komunikasi. Umumnya, pendidikan jenjang S2 di ikuti oleh dosen atau staf pengajar dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Namun program magister Ilmu Komunikasi juga terbuka bagi mereka yang menekuni profesi seperti Media Massa, Periklanan, Public Relations, Komunikasi Politik.
Gelar Akademik M.Si.
Akreditasi
No. SK BANPT
Jenis Kelas
Masa studi 4 (empat) Semester
Jumlah sks 42 (empat puluh dua) SKS
Pendidikan sebelumnya
Deskripsi ***
Tujuan Program pascasarjana memiliki tujuan untuk melahirkan:
1. Ahli komunkasi di tingkat pascasarjana yang mempunyai kompetensi yang memadai bagi pengembangan ilmu komunikasi dalam bidang pengajaran dan kegiatan penelitian di berbagai institusi pendidikan tinggi dan penelitian.
2. Ahli komunikasi yang sanggup bekerja di tingkat manajerial sebagai perencana, pelaksana dan evaluator program komunikasi di berbagai indutri komuniksi.
3. Publikasi penelitian ilmiah yang memenuhi standar jurnal internasional
Daftar mata ajaran
1. Ekonomi Manajerial Industri Komunikasi (SIK82124)
2. Ekonomi Media (SIK80186)
3. Etika Komunikasi Politik (SIK81116)
4. Manajemen Komunikasi Pemasaran Digital (SIK81169)
5. Manajemen Komunikasi Krisis (SIK81112)
6. Media Digital & Dinamika Kekuatan Politik (SIK82125)
7. Media Digital dan Budaya Digital (SIK81114)
8. Media Digital dan Perilaku Memilih (SIK 80123)
9. Metodologi Penelitian Kom. Lanjutan 1 (SIK81083)
10. Metodologi Penelitian Kom. Lanjutan 2 (SIK81084)
11. Pemasaran Digital Politik (SIK82119)
12. Perenc. & Evaluasi Program Kom. Digital (SIK81195)
13. Perencanaan dan Strategi Pemasaran Digital (SIK81110)
14. Perspektif dan Kajian Media (SIK91026)
15. Perspektif dan Teori Komunikasi (SIK81051)
16. Perspektif Filsafat dan Etika Komunikasi (SIK92062)
17. Perspektif Industri & Teknologi Komunikasi (SIK92038)
18. Perspektif Komunikasi Antar Budaya (SIK91047)
19. Perspektif Teori Org. & Manajemen Kom. (SIK82123)
20. Publikasi Ilmiah (SIK81199)
21. Seminar Industri Budaya (SIK92036)
22. Seminar Analisis Teks Media (SIK92046)
23. Seminar Ekonomi Politik Media (SIK92086)
24. Seminar Industri TV dan Hiburan (SIK92037)
25. Seminar Kajian Budaya dan Media (SIK90087)
26. Seminar Komunikasi Politik (SIK91025)
27. Seminar Manajemen Humas Digital (SIK81111)
28. Seminar Media dalam Posmodernisme (SIK92040)
29. Seminar Media dan Identitas (SIK92039)
30. Seminar Media Digital & Konstruksi Sosial (SIK91030)
31. Seminar Teori-Teori Kritis (SIK91084)
32. Teori Media Digital (SIK81113)
33. Tesis (SIK80199)
Staf Pengajar
Peraturan Sesuai dengan Himpunan Peraturan Akademik UI
Syarat pendaftaran Proses pendaftaran Universitas Indonesia terdiri dari 8 tahap :
1.Membuat account di situs penerimaan UI
2.Membuat pendaftaran
Setelah membuat account, lalu aktifkan account Anda melalui link yang tersedia pada email konfirmasi (cek email yang Anda pakai ketika membuat account). Setelah account aktif, Anda dapat login menggunakan username dan password Anda, lalu pilih menu Buat Pendaftaran untuk membuat pendaftaran baru.
3.Melakukan verifikasi pendaftaran
Verifikasi dilakukan untuk memastikan Anda telah mengecek bahwa isian formulir pendaftaran dan pilihan program studi Anda telah terisi dengan data yang benar serta telah mengetahui biaya pendidikan untuk program studi yang dipilih
4.Meng-upload foto berwarna ukuran 4x6 cm
5.Membayar biaya pendaftaran
Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda meng-upload foto dan melakukan verifikasi pendaftaran
Formulir pendaftaran dan pilihan program studi tidak dapat diubah lagi setelah Anda membayar biaya pendaftaran.
6.Meng-upload berkas persyaratan pendaftaran
Khusus untuk pendaftar Program Pascasarjana (S2, S3), Profesi, Spesialis, S1 Ekstensi dan yang memilih S1 Kelas Internasional
7.Meng-download kartu ujian masuk
Kartu ini harus dibawa ketika ujian seleksi masuk
8.Mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang telah ditentukan
Persyaratan program 1.Calon mahasiswa Program Magister (S2) adalah Lulusan program sarjana (S1)
2.Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
3.Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar negeri ijazahnya harus disahkan & dinilai setara dgn ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional
4.Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang minimal bergelar Doktor/S3
5.Lulus ujian TPA (Test Potensi Akademik), Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
Pendaftaran
Kompetensi ***
Lain - lain ***
Informasi lain Program Studi Ilmu Komunikasi Program Pascasarajana FISIP UI terdiri dari:
1. Magister (S2)- Ilmu Komunikasi (kelas reguler)
2. Magister (S2)- Manajemen Komunikasi (kelas malam) yang terdiri dari 4 peminatan:
-Manajemen Komunikasi Promosi Pemasaran
-Manajemen Komunikasi Korporasi
-Manajemen Media
-Manajemen Komunikasi Politik
PDF Format