Selamat Datang di Katalog Digital UI

Universitas Indonesia membuka berbagai program studi mencakup program diploma, program sarjana, program pasca sarjana, program doktoral, program vokasi, program profesi dan program spesialis.

 

BrowseFakultas Ilmu Sosial & Ilmu PolitikSosiologi

Fakultas ILMU SOSIAL & ILMU POLITIK
Website http://www.fisip.ui.ac.id
Lokasi Gedung B Lantai 2
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Gedung C Lantai 2 Kampus FISIP UI Depok
Telepon: 727-0006, 7881660
Fax: 787-2820, 727-0007
Url: http://www.fisip.ui.ac.id
Email
Program Pendidikan S3 (Doctoral Program)
Program Studi Sosiologi (Sociology)
Profil Lulusan / Kualifikasi
Visi Menjadikan Program Pasca Sarjana Sosiologi sebagai pusat keunggulan pendidikan pasca sarjana sosiologi berbasis penelitian di tingkat Nasional dan ASEAN untuk mencapai kesejahteraan masyarakat
Misi 1. Menciptakan atmosfir dan lingkungan akademik yang kondusif dalam penyelenggaraan pendidikan sosiologi yang unggul.
2. Mempromosikan nilai kejujuran, integritas dan kepedulian seluruh civitas akademika dalam mengamalkan sosiologi demi kesejahteraan masyarakat.
3. Mendorong civitas akademika untuk menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan mengembangkan keahlian sosiologi yang inovatif dan unggul pada tingkat nasional dan internasional.
4. Mengembangkan kurikulum pendidikan sosiologi yang unggul dengan penekanan pada analitis kritis, bahasa Inggris dan metodologi penelitian yang beragam.
4. Mengembangkan jejaring kerja akademik dan kemasyarakatan dalam sosiologi dan ilmu sosial lainnya baik pada lingkup nasional maupun internasional.
Peminatan
Kode Organisasi 03.04.09.01
Profil Program Studi Program Doktor Sosiologi dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mandiri dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, terampil dalam berkomunikasi dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dibidang penelitian sosial dengan kemampuan metodologi dan analisis yang tinggi. Menghasilkan sosiolog yang mampu mengembangkan pemahaman, analisa dan teori tentang perkembangan masyarakat Indonesia dan hubungannya dengan masyarakat lain.
Gelar Akademik
Akreditasi A
No. SK BANPT 004/BAN-PT/Ak-VIII/S3/VI/2009 masa berlaku s/d tahun 2014
Jenis Kelas
Masa studi 6-10 Semester
Jumlah sks 49 (empat puluh sembilan) SKS
Pendidikan sebelumnya
Deskripsi *** Program Pascasarjana Sosiologi adalah salah satu program studi yang berada di bawah Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.
Tujuan Tujuan Umum
Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analitis kritis, yang mampu mengaplikasikan dan mengembangkan secara inovatif keilmuan dan keahlian sosiologi di dalam berkompetisi secara nasional dan internasional, sertamemiliki integritas dan kepedulian untuk mengamalkan ilmunya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. Sedangkan tujuan khusus berikut ini dirancang untuk mewujudkan tujuan umum tersebut.

Tujuan Khusus
1. Menawarkan program pendidikan lanjutan tingkat pasca sarjana sosiologi yang inovatif, kritis, dan multi paradigmatik yang mampu bersaing dengan lembaga pendidikan serupa di tingkat nasional dan internasional.
2. Menghasilkan peserta didik dan lulusan yang memiliki integritas, komitmen dan kepeduliaan terhadap pengembangan dan pengamalan keilmuan dan keahlian sosiologi untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat.
3. Menyiapkan peserta didik dan menghasilkan lulusan yang mampu berpikir kritis, trampil dalam berkomunikasi dan memilki kepedulian sosial yang tinggi dan mampu berpartisipasi dalam pengembangan keilmuan dan keahlian sosiologi di tingkat nasional dan internasional.
4. Menghasilkan pasca sarjana sosiologi yang handal dan profesional dengan mengutamakan integritas dan komitmen untuk kesejahteraan sosial bagi masyarakatnya.
5. Menyediakan atmosfir dan lingkungan akademik bagi civitas akademik (dosen dan peserta didik) yang kondusif dan mendorong pengembangan keilmuan melalui kegiatan akademik dan non akademik di lingkungan program pascasarjana Sosiologi.
6. Membangun jaringan dan kerjasama dengan berbagai lembaga terkait di tingkat nasional dan internasional dalam upaya menghasilkan peserta didik yang mampu bersaing dalam pasar nasional dan global, serta berkontribusi terhadap pengembangan keilmuan dan keahlian sosiologi.

Daftar mata ajaran
APC1. Academic Writing utk mhs Doktoral Sosiolog (SPSO901007)
2. Disertasi : Publikasi/Presentasi Ilmiah (SPSO901010)
3. Disertasi : Sidang Pra-Promosi & Promosi (SPSO902036)
4. Disertasi : Ujian Hasil Riset (SPSO901009)
5. Disertasi :Ujian Proposal Riset Disertasi (SPSO902008)
6. Seminar Doktoral Konstruksi Teori (SPSO902006)
7. Seminar Doktoral Metode Penelitian Kualita (SPSO901003)
8. Seminar Doktoral Metode Penelitian Kuanti (SPSO901002)
9. Seminar Doktoral Telaah Hasil Penelitian (SPSO902005)
10. Seminar Doktoral Teori Sosiologi Klasik (SPSO901001)
11. Seminar Doktoral Teori Sosiologi Kontempor (SPSO902004)
Staf Pengajar APC
Peraturan Sesuai dengan Himpunan Peraturan Akademik UI
Syarat pendaftaran Mulai Tahun Akademik 2008/2009 proses pendaftaran mahasiswa baru terpusat di Universitas Indonesia
Proses pendaftaran online terdiri dari 8 tahap sebagai berikut:

1. Membuat account
2. Membuat pendaftaran
3. Mengunggah foto
4. Membayar biaya pendaftaran
5. Mengunggah berkas persyaratan pendaftaran
Untuk program magister
6. Mengunduh kartu ujian masuk
7. Mengikuti ujian masuk
8. Melihat hasil pengumuman seleksi masuk
Persyaratan program 1. Memiliki latar belakang pendidikan sarjana (s1 & S2) dari Universitas/Institut negeri atau swasta yang terakreditasi oleh BAN PT, atau lulusan luar negeri yang ijazahnya telah disahkan dan disetarakan dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh DIKNAS.
2. Mendaftarkan diri melalui Website:http//penerimaan.ui.ac.id
3. Menyerahkan pra proposal penelitian dengan jumlah minimum 20 hal, spasi 1,5 time new roman ke Prorgam Studi sebanyak 7 eks.
4. Menyerahkan surat rekomendasi dari universitas terakhir dan tempat kerja (rekomendasi 2)
Pendaftaran Mulai tahun akademik 2008/2009 pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tersentralisasi di Univeritas. Pendaftaran dilakukan melalui online ke http//penerimaan.ui.ac.id
Kompetensi *** 1. Menguasai perspektif sosiologi dan metodologi penelitian sosial yang multiparadigmatik.
2. Memiliki kemampuan analitis kritis dalam mengkaji dan memberikan solusi bagi permasalahan sosial di masyarakat
3. Memiliki kemampuan menerapkan keahlian dan keterampilan sosiologis secara profesioanal baik di lingkungan akademis maupun non akademis.
4. Memiliki integritas, dedikasi dan kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat
Lain - lain *** - Berdasarkan SK Rektor Nomor: 263/SK/R/UI/2004 Tentang Penyelenggaran Program Doktor di universitas Indonesia pasal 5 (ayat5): beban studi program doktor adalah 48-50 SKS termasuk disertasi setelah program magister dan dijadwalkan untuk 6 (enem) semester (ayat 6). Dalam pelaksanaan ayat (5) pasal ini mahasiswa dapat mengambil lebih dari ketetapan pada ayat 5 pasal ini mahasiswa dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 6 (enam) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester.
- Proses pembelajaran peserta dapat dilakukan melalui pertemuan tatap muka dengan pemberian materi di kelas dan di luar kelas (praktek penelitian) selama 3 semester sebelum mengerjakan disertasi/penelitian yang dapat dilakukan mulai semester ke 4.

Kurikulum Program Doktor Sosiologi

1. Teori Sosial dan Teori Sosiologi
2. Metode Penelitian Sosial Kuantitatif
3. Metode Penelitian Sosial Kualitatif
4. Statistik Sosial
5. Konstruksi Teori
6. Seminar Teori
7. Telaah Hasil Penelitian
8. Disertasi
9. Ujian Proposal
10.Ujian Hasil Penelitian
11.Sidang Promosi
12.Studi Mandiri
13.Analitycal Paper

Program Doktor Sosiologi telah terakreditasi dengan nilai A sesuai dengan SK BAN PT Nomor: 004/BAN-PT/Ak-VIII/S3/VI/2009
Masa berlaku akreditasi sampai 26 Juni 2014.
Informasi lain Strategi:

1. Mengembangkan kurikulum sosiologi yang berbasis penelitian, terbuka bagi perkembangan pemikiran sosiologi yang muthakhir dan bersifat multiparadikmatik di dunia Internasional.
2. Mengembangkan kurikulum sosiologi yang aplikatif, inovatif dan berorientasi pada keahlian menghasilkan perencanaan dan kebijakan sosial dalam rangka mendorong perubahan dan pembangunan sosial yang berbasis pada partisipasi masyarakat.
PDF Format