Selamat Datang di Katalog Digital UI

Universitas Indonesia membuka berbagai program studi mencakup program diploma, program sarjana, program pasca sarjana, program doktoral, program vokasi, program profesi dan program spesialis.

 

BrowseFakultas Ilmu Sosial & Ilmu PolitikIlmu Hub Internasional

Fakultas ILMU SOSIAL & ILMU POLITIK
Website http://www.fisip.ui.ac.id
Lokasi Gedung Nusantara II Lantai 2
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kampus UI Depok
Telepon: 727-0006, 7881660
Fax: 787-2820, 727-0007
Url: http://www.fisip.ui.ac.id
Email
Program Pendidikan S2 (Graduate Program)
Program Studi Ilmu Hub Internasional (International Relations)
Profil Lulusan / Kualifikasi
Visi Visi dari Program Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI adalah Menjadi pusat keunggulan ilmu hubungan internasional yang berbasis riset khususnya untuk kajian Keamanan Internasional, Ekonomi Politik Internasional, dan Masyarakat Transnasional guna menghasilkan lulusan yang mempunyai daya analisis dan kemampuan praktis yang berdaya saing dalam era global”.
Misi Berdasarkan visi diri, misi Program Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI adalah:
1. Mendidik sumber daya manusia Indonesia agar memiliki daya analisis dan kemampuan praktis dalam Ilmu Hubungan Internasional, khususnya pada Kajian Keamanan Internasional, Ekonomi Politik Internasional, dan Masyarakat Transnasional, yang berfokus pada wilayah Asia Timur.
2. Mengembangkan kurikulum dan proses belajar mengajar guna menciptakan daya analisis dan kemampuan praktis peserta didik dalam lingkup ilmu hubungan internasional, khususnya dalam Kajian Keamanan Internasional, Ekonomi Politik Internasional, dan Masyarakat Transnasional di kawasan Asia Timur.
3. Mengembangkan ilmu hubungan internasional melalui riset-riset unggulan dalam bidang Keamanan Internasional, Ekonomi Politik Internasional, dan Masyarakat Transnasional di kawasan Asia Timur.
4. Mengembangkan landasan moral dan etika akademik bagi sikap dan perilaku.
Peminatan
Kode Organisasi 02.08.09.01
Profil Program Studi Program Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional dibentuk dan mulai menjalankan kegiatannya pada tahun 1997. Pada awalnya, pengelolaan program studi ini merupakan Program Kekhususan dari Program Pascasarjana Ilmu Politik. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Dekan FISIP UI Nomor 010/SK/Dekan/UI/2002, maka penyelenggaraan dan pengelolaan program ini sejak tahun 2002 diserahkan sepenuhnya kepada Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI. Selanjutnya setelah melalui serangkaian proses yang berkesinambungan untuk mendapatkan ijin pendirian program ini dari Departemen Pendidikan Nasional RI sebagai program mandiri yang terpisah dari Program Pascasarjana Ilmu Politik FISIP UI, maka pada akhirnya Program Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI secara formal diakui keberadaannya berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas RI Nomor 3759/D/T/2005 tertanggal 27 Oktober 2005.
Gelar Akademik M.Si.
Akreditasi A
No. SK BANPT 008/BAN-PT/Ak-VI/S2/VIII/2008 (saat ini dalam proses re-akreditasi)
Jenis Kelas
Masa studi 4 (empat) Semester
Jumlah sks 42 (empat puluh dua) SKS
Pendidikan sebelumnya
Deskripsi *** Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, maka sasaran dari Program Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional adalah :
1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan memutakhirkan ilmu hubungan internasional dengan cara menguasai dan memahami pendekatan, metode, kaidah ilmu disertai ketrampilan penerapannya, terutama untuk kajian ekonomi politik internasional dan keamanan internasional
2. Menghasilkan lulusan yang memiliki ketrampilan melakukan penelitian di bidang ilmu hubungan internasional guna memecahkan permasalahan-permasalahan global dengan merumuskan rekomendasi kebijakan bagi actor-aktor global
3. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesional dibidang ilmu hubungan internasional secara praktis yang ditujukan dengan ketajaman analisis dalam pemecahan permasalahan
Tujuan 1. Menghasilkan lulusan Magister yang berkualitas di bidang Ilmu Hubungan Internasional yang menjunjung tinggi etika akademik, khususnya dalam kajian Keamanan Internasional, Ekonomi Politik Internasional, dan Masyarakat Transnasional; dan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pemenuhan kepentingan bangsa dan negara di era global.
2. Menghasilkan lulusan Magister Ilmu Hubungan Internasional yang memiliki substansi pengetahuan yang mendalam dan luas di bidangnya serta ditunjang oleh pengetahuan dam pemahaman yang bersifat interdisipliner.
3. Menghasilkan tenaga-tenaga terdidik yang memiliki kemampuan analisis, kemampuan praktis, dan pemahaman komprehensif terhadap isu-isu global sehingga dapat didayagunakan untuk memajukan keberadaan Indonesia dalam masyarakat antar-bangsa.
Daftar mata ajaran
APC1. ASEAN (SHI82317)
2. Dinamika Ekonomi Politik Internasional (SHI82322)
3. Dinamika Keamanan Internasional (SHI82320)
4. Dinamika Masyarakat Transnasional (SHI82325)
5. Dinamika Politik Internasional (SHI81301)
6. Diplomasi Ekonomi (SHI81313)
7. Diplomasi Pertahanan (SHI81306)
8. Globalisasi (SHI82314)
9. HAM dan Demokrasi (SHI81314)
10. Isu-isu Keamanan Non-Tradisional (SHI81311)
11. Jejaring & Solidaritas dlm Masy.Trans. (SHI82324)
12. Kebijakan Luar Negeri Indonesia (SHI82309)
13. Masalah Lingkungan Global (SHI82318)
14. Masyarakat Transnasional (SHI82323)
15. Metodologi Penelitian Hubungan Internasion (SHI81304)
16. Pembangunan Internasional (SHI82315)
17. Publikasi (SHI84006)
18. Revolusi Teknologi Persenjataan (SHI81307)
19. Seminar Ekonomi Politik Internasional (SHI81316)
20. Seminar Keamanan Internasional (SHI81315)
21. Seminar Masyarakat Transnasional (SHI81317)
22. Teori Ekonomi Politik Internasional 1 (SHI82311)
23. Teori Hubungan Internasional (SHI81302)
24. Teori Keamanan Internasional 1 (SHI81303)
25. Tesis (SHI84008)
Staf Pengajar
Peraturan Sesuai dengan Himpunan Peraturan Akademik UI
Syarat pendaftaran
Persyaratan program
Pendaftaran Peserta harus memiliki ijazah jenjang pendidikan sarjana strata satu atau profesi dalam bidang ilmu yang sesuai dan memiliki prestasi akademik yang baik serta memenuhi persyaratan lainnya sesuai progrsm studi dan jenjang pendidikan yang dipilih
Kompetensi ***
Lain - lain *** Para peserta mengikuti uajin saringan sesuai jadwal dan materi yang telah ditetapkan yaitu TPA dan Bahasa Inggris, dengan membawa kartu peserta ujian yang telah dicetak secara online dan identitas diri yang digunakan ketika melaksanakan pendaftaran secara online
Informasi lain
PDF Format