Selamat Datang di Katalog Digital UI

Universitas Indonesia membuka berbagai program studi mencakup program diploma, program sarjana, program pasca sarjana, program doktoral, program vokasi, program profesi dan program spesialis.

 

BrowseFakultas Ilmu Pengetahuan BudayaArkeologi

Fakultas ILMU PENGETAHUAN BUDAYA
Website www.fib.ui.ac.id
Lokasi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
Kampus UI Depok 16424
Humas: Telp. (62-21)7270009, 7863528, 7863529
Faks. (62-21)7270038
E-mail: fib1@ui.ac.id
Laman: www.fib.ui.ac.id
Email fib1@ui.ac.id
Program Pendidikan S2 (Graduate Program)
Program Studi Arkeologi (Archaeology)
Profil Lulusan / Kualifikasi Magister bidang Ilmu Pengetahuan Budaya yang mampu membangun pengetahuan Arkeologi melalui riset yang inovatif dan teruji untuk memecahkan masalah bidang Arkeologi melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.
Visi Menjadi lembaga pelaksana pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan Magister Ilmu Pengetahuan Budaya (M.Hum.) khususnya arkeologi yang berwawasan luas, andal, dan memiliki etika profesional dalam melakukan penelitian dasar maupun terapan yang diakui secara nasional dan internasional.
Misi 1. Mengembangkan pendidikan arkeologi dalam rangka meningkatkan martabat bangsa dengan memberi bekal ilmu pengetahuan yang dapat diterapkan di masyarakat di bidang arkeologi dan manajemen sumber daya budaya;
2. Meningkatkan penelitian dalam rangka mengembangkan ilmu arkeologi;
3. Melakukan kerja sama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri agar mahasiswa mendapat pengetahuan yang mutakhir dan tepat guna;
4. Melaksanakan pendidikan yang menghasilkan lulusan Magister Arkeologi yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan keterampilan, serta memiliki etika profesi;
5. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengukuhkan jatidiri bangsa.
Peminatan Terdapat empat peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu arkeologi prasejarah, arkeologi sejarah, manajemen sumber daya arkeologi, serta kajian museum.
Kode Organisasi 02.01.07.01
Profil Program Studi Program Studi Arkeologi adalah salah satu program studi di FIB UI pada jenjang Magister yang menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Arkeologi. Terdapat empat peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu arkeologi prasejarah, arkeologi sejarah, manajemen sumber daya arkeologi, serta kajian museum. Pada akhir studi mahasiswa melaksanakan riset di bidang Arkeologi dalam bidang peminatan yang dipilihnya.
Gelar Akademik Magister Humaniora (M.Hum.)
Akreditasi A
No. SK BANPT 198/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/IX/2013

Jenis Kelas Reguler
Masa studi 4-6 semester
Jumlah sks 41 SKS
Pendidikan sebelumnya S1 semua bidang ilmu
Deskripsi *** Visi Program Studi
Menjadi lembaga pelaksana pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan Magister Ilmu Pengetahuan Budaya (M.Hum.) khususnya arkeologi yang berwawasan luas, andal, dan memiliki etika profesional dalam melakukan penelitian dasar maupun terapan yang diakui secara nasional dan internasional.

Misi Program Studi
1. Mengembangkan pendidikan arkeologi dalam rangka meningkatkan martabat bangsa dengan memberi bekal ilmu pengetahuan yang dapat diterapkan di masyarakat di bidang arkeologi dan manajemen sumber daya budaya;
2. Meningkatkan penelitian dalam rangka mengembangkan ilmu arkeologi;
3. Melakukan kerja sama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri agar mahasiswa mendapat pengetahuan yang mutakhir dan tepat guna;
4. Melaksanakan pendidikan yang menghasilkan lulusan Magister Arkeologi yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan keterampilan, serta memiliki etika profesi;
5. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengukuhkan jatidiri bangsa.
Tujuan Menghasilkan Magister bidang Ilmu Pengetahuan Budaya yang mampu membangun pengetahuan Arkeologi melalui riset yang inovatif dan teruji untuk memecahkan masalah bidang Arkeologi melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.
Daftar mata ajaran
APC1. Analisis Sumber Tertulis Arkeologi (BAI80176)
2. Arkeologi Pemukiman (BAI80187)
3. Aspek Hukum dalam Pelestarian Cagar Budaya (BAI80180)
4. Aspek Sosial dalam Pelestarian Cagar Buday (BAI80192)
5. Eksibisi Museum (BAI80189)
6. Gender dalam Prasejarah (BAI80184)
7. Isu-Isu dalam Arkeologi Sejarah (BAI80188)
8. Kajian Sosial dalam Arkeologi (BAI80186)
9. Komunikasi dan Promosi Cagar Budaya (BAI80191)
10. Konservasi Situs dan Kawasan Cagar Budaya (BAI80193)
11. Lingkungan dan Masyarakat Prasejarah (BAI80174)
12. Manajemen Kawasan Cagar Budaya (BAI80181)
13. Manajemen Museum (BAI80131)
14. Manajemen Sumber Daya Arkeologi (BAI80179)
15. Manusia dan Kebudayaan Austronesia (BAI80183)
16. Manusia Purba (BAI80185)
17. Metode Penelitian Arkeologi (BAI80182)
18. Museologi (BAI80178)
19. Museum dan Masyarakat (BAI80170)
20. Penerbitan Ilmiah (BAI80703)
21. Religi dan Arkeologi (BAI80177)
22. Religi Prasejarah (BAI80173)
23. Seminar Tesis (BAI80702)
24. Seni Cadas (BAI80172)
25. Seni dalam Arkeologi (BAI80175)
26. Strategi Pemasaran Museum (BAI80171)
27. Teori Arkeologi (BAI80105)
28. Teori Kebudayaan (BUD80004)
29. Teori Kebudayaan Materi (BAI80101)
30. Tesis (BAI80902)
Staf Pengajar APC
Peraturan Mengikuti peraturan UI.
Syarat pendaftaran Calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan Program Magister (S2) di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, harus memenuhi persyaratan berikut;
1. Memiliki ijazah sarjana atau yang setara, dalam salah satu cabang ilmu pengetahuan, dari
a. perguruan tinggi negeri,
b. perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi di luar negeri yang telah diakreditasi dan diakui oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, atau
c. perguruan tinggi di luar negeri yang ijazahnya telah dilegalisasi oleh Departemen Pendidikan Nasional RI.

2. Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) S1 minimal 2,75 yang dibuktikan dengan keterangan dari perguruan tinggi asal.
a. Lulus ujian masuk dengan materi Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik, serta seleksi berkas.
b. Khusus untuk kemampuan berbahasa Inggris, calon mahasiswa menyerahkan bukti perolehan nilai minimal setara TOEFL 450. Calon mahasiswa wajib menyerahkan bukti (sertifikat) kemampuan berbahasa Inggris TOEFL yang dikeluarkan oleh TOEFL internasional atau oleh Lembaga Bahasa Internasional (LBI) FIB-UI. Penyerahan TOEFL dengan nilai minimal tersebut menjadi prasyarat bagi ujian tesis.
c. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.

Seleksi untuk Program Magister dilaksanakan secara serentak di bawah koordinasi Universitas Indonesia. Calon mahasiswa mendaftar secara online melalui http://penerimaan.ui.ac.id dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan pada laman tersebut. Kelengkapan dokumen menjadi salah satu syarat kelulusan seleksi. Calon mahasiswa lulus ujian seleksi Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris.
Ujian diselenggarakan dalam dua gelombang, yaitu gelombang I dan gelombang II. Hasil seleksi diinformasikan oleh Program Pascasarjana Universitas Indonesia kepada setiap peserta melalui laman Universitas Indonesia dengan alamat http://penerimaan.ui.ac.id.
Persyaratan program Calon mahasiswa dengan latar belakang keilmuan yang berbeda dari Program Studi dan/atau yang dinilai belum mempunyai kompetensi yang memadai di bidang studi yang dimasukinya wajib mengikuti program matrikulasi pada jenjang studi di bawahnya 1-2 semester dengan menempuh sejumlah mata kuliah yang ditetapkan oleh Program Studi dan lulus pada setiap mata kuliah program matrikulasi dengan nilai minimal B untuk dapat melanjutkan studi.
Komposisi Mata Kuliah terdiri atas (1) MK Wajib Fakultas 6 SKS; (2) Wajib Program Studi 11 SKS; (3) Peminatan 18 SKS; dan (3) Tugas Akhir 6 SKS.

Pendaftaran Informasi tentang pendaftaran, lihat situs web UI (http://penerimaan.ui.ac.id)
Kompetensi ***
Lain - lain ***
Informasi lain --
PDF Format