Selamat Datang di Katalog Digital UI

Universitas Indonesia membuka berbagai program studi mencakup program diploma, program sarjana, program pasca sarjana, program doktoral, program vokasi, program profesi dan program spesialis.

 

BrowseFakultas Kedokteran GigiKedokteran Gigi

Fakultas KEDOKTERAN GIGI
Website http://www.fkg.ui.ac.id
Lokasi Fakultas Kedokteran Gigi
Kampus UI Salemba
Jl. Salemba Raya No. 4 Jakarta 10430
Telepon: 3193-0270, 315-1035 ext. 303
Fax: 3193-1412
Email humas.fkg@ui.ac.id
Program Pendidikan Profesi (Profession Program)
Program Studi Kedokteran Gigi (Dentistry)
Profil Lulusan / Kualifikasi Dokter gigi fkgui adalah lulusan yang mampu melaksanakan profesi dokter gigi secara profesional dan beretika dalam melakukan pelayanan kesehatan gigi mulut yang meliputi sistem stomatognatik pada pasien perorangn, keluarga maupun masyarakat secara mandiri berdasarkan evidence base sesuai kompetensinya.
Visi Menjadi Prodi terkemuka dalam bidang pendidikan, penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dengan prinsip integrasi dan otonomi sebagi strategi dalam pengembangan.
Misi 1.Menghasil kan lulusan yang memenuhi standar internasional, berkemampuan mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran gigi, serta berkemampuan menerapkannya dengan memperhatikan perubahan sosio-ekonomi budaya dalam komunitas yang beragam.
2. Menghasilkan, mengembangkan, dan mengamalkan karya–karya penelitian dan teknologi kedokteran gigi untuk Mewujudkan pelayanan kedokteran gigi yang berkualitas.
Peminatan Tidak ada
Kode Organisasi 02.00.02.01
Profil Program Studi Fakultas kedokteran gigi fkgui meluluskan dokter gigi melalui dua tahap pendidikan yakni tahap akademik dan tahap profesi. untuk tahap akademik program studinya adalah pendidikan dokter gigi
- program sarjana, untuk tahap profesi program studinya adalah program studi dokter gigi
- program profesi. program studi progran sarjanah untuk mendapatkan gelar (SKG) setelah menyelesaikan 144 sks selama 8 semester. selama masa pendidikannya mahasiswa diberikan pembelajaran yang meliputi ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu ilmu kedokteran dasar, ilmu kedokteran gigi dasar, ilmu kedokteran klinik, ilmu kedokteran gigi klinik dan ilmu kedokteran gigi masyarakat. selain itu juga ada matakuliah universitas MPKT A, MPKT B, Bahasa inggris, Agama, Seni dan Olahraga. Mulai tahun akademik 2012-2013 ada matakuliah Rumpun Ilmu kesehatan yang terdiri dari matakuliah Ilmu Biomedik Dasar, Etika dan Hukum kedokteran , komunikasi efektif, kolaborasi tim kesehatan, pengelolaan bencana, Metodologi penelitian dan biostatistik. Selain itu ada praktikum dan Skills lab yang merupakan simulasi praktik dental klinik. pada akhir masa studi mahasiswa membuat skripsi yang merupakan laporan hasil riset.
selanjutnya memasuki tahap profesi dan harus menyelesaikan kompetensi sesuai standar KKI. Pendidikan profesi di selesaikan dalam waktu 4 semester sebanyak 30 sks yang meliputi peraktik klinik integrasi 1,2,3 dan 4, seminar terintegrasi kasus klinik 1,2,3 dan 4, dan manajemen kesehatan gigi masyarakat dan pencegahan.
Gelar Akademik drg
Akreditasi Terakreditasi
No. SK BANPT
Jenis Kelas Reguler
Masa studi 4 Semester
Jumlah sks 31 SKS
Pendidikan sebelumnya Sarjana Kedokteran Gigi
Deskripsi ***
Tujuan Tujuan Pendidikan Profesi Kedokteran Gigi
Melalui proses pendidikan ini diharapkan Sarjana Kedokteran Gigi mempunyai kemampuan sebagai berikut:
1. memiliki sikap etis, peka, berpikiran luas, serta mempunyai kemampuan mengamalkan ilmu pengetahuan;
2. menguasai sistem stomatognatik sebagai bagian internal dari kesehatan secara keseluruhan;
3. menguasai dasar-dasar ilmu biomedik, ilmu kedokteran dasar,ilmu kedokteran klinik terkait bidang kedokteran gigi,ilmu kedokteran gigi dasar dan ilmu kedokteran gigi klinik secara komprehensif;
4. mampu meneliti dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.
5. Mencapai standar tertinggi kompetensi ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap, termasuk keterampilan klinis labolatorik agar menyadari kewajiban sebagai seorang Dokter gigi untuk selalu melakukan yang terbaik bagi pengembangan ilmu dan teknologi khususnya dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut.
6. Mendapat kesempatan belajar dan memperoleh pengalaman yang diperlukan untuk mencapai standar kompetensi yang ditentukan, termasuk kesempatan untuk melakukan prosedur klinis, dan berbagai keterampilan lainnya.
7. Mendapat pengalaman belajar ditunjang pendukung yang tepat dan memadai termasukdukungan pendidikan dan klinik.
8. Mendapat kesempatan dan pengalaman belajar ilmu biomedik dan masalah klinik yang diperoleh secara terintegrasi
9. Memberdayakan pendekatan kritis dan ilmiah dalam peraktek kedokteran gigi dan menumbuhkan keterampilan intelektual yang diperlukan untuk pengembangan masa depan diri dan profesinya.
10. Mengembangkan pemahaman terhadap pengawasan dan pengelolaan klinik.
11. Bekerja sama dengan profesi terkait, dan berlatih bersama-sama.
Daftar mata ajaran
Staf Pengajar APC
Peraturan Mengacu Pada Peraturan Universitas Indonesia
Syarat pendaftaran PERSYARATAN PENDIDIKAN PROFESI DOKTER GIGI (Drg)
-Lulus program pendidikan Sarjana Kedokteran Gigi (SKG)FKGUI
-Karya Ilmiah dalam bentuk hasil penelitian
-Sehat jasmani dan rohani
-Hanya mempunyai satu nomor registrasi untuk Universitas Indonesia
Persyaratan program Lulus Sarjana Kedokteran Gigi
Pendaftaran http://penerimaan.ui.ac.id
Kompetensi ***
Lain - lain ***
Informasi lain
PDF Format